Bandar Sakong Capsa Susun

Sunday, January 22, 2017

5 Negara Ini Punya Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru Imlek

  
                       Simak tradisi unik perayaan tahun baru Imlek di 5 negara ini.

Buletin365.com, Jakarta Tahun baru Imlek merupakan salah satu hari raya terbesar dan terpenting bagi komunitas Tionghoa di seluruh dunia. Di Indonesia, biasanya menjelang Imlek kita bisa melihat mal-mal dipenuhi dengan dekorasi berwarna merah dalam wujud lampion, pohon angpau, dan sebagainya. Tak hanya itu, pihak mal juga biasanya akan menampilkan atraksi barongsai yang cukup istimewa.

Klenteng-klenteng akan ramai dikunjungi umat untuk berdoa. Beberapa hari sebelum tahun baru Imlek, pasti akan ada ritual mendoakan arwah anggota keluarga. Kemudian pada malam tahun baru Imlek atau hari-H, seluruh anggota keluarga berkumpul di rumah saudara yang paling tua untuk makan bersama.

Nah, di luar negeri biasanya tahun baru Imlek disebut sebagai Chinese New Year atau Lunar New Year. Apakah Anda ingin tahu bagaimana komunitas Tionghoa di negara Asia lainnya merayakan tahun baru Imlek? Atau mungkin Anda ingin mencoba merasakan kemeriahan perayaan tahun baru Imlek di luar negeri? Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Tiongkok

Masyarakat Tiongkok punya kepercayaan memakai pakaian dalam berwarna merah saat malam tahun baru Imlek akan membawa keberuntungan. Bagi wisatawan yang mengunjungi Tiongkok saat tahun baru Imlek, kemeriahan dapat dirasakan di Beijing dan Shanghai.

Beijing memiliki dua festival klenteng yang paling terkenal. Pertama, terbesar dan paling ramai adalah Ditan Park Temple Fair. Ada bazar makanan dan jajanan tradisional Tiongkok, atraksi tarian, dan sebagainya.

  
                                                Ditan Park Temple Fair, Beijing.

Kedua, Dongyue Temple Fair. Dongyue Temple adalah klenteng tertua di Tiongkok. Di sini ada pameran budaya "Fu” yang artinya keberuntungan. Berbagai jenis ornamen dengan tulisan Fu dapat ditemukan di bagian dalam maupun luar klenteng. Ditan Park Temple Fair dan Dongyue Temple Fair berlangsung pada 27 Januari – 3 Februari 2017.

Di Shanghai, ada Longhua Temple Celebration – sebuah ritual tahunan yang melibatkan 108 biksu. Mereka akan memanjat Longhua Temple dan membunyikan bel sebagai tanda dimulainya tahun baru Imlek sekaligus mengusir roh-roh jahat. Acara menarik lainnya di Shanghai adalah festival lampion di Yu Yuan atau Yu Garden pada 11 Februari 2017.

2. Hong Kong

Pusat kemeriahan perayaan Imlek bagi warga Hong Kong berada di area Tsim Sha Tsui - Kowloon. Daerah yang terkenal sebagai pusat belanja dan kuliner favorit para turis ini akan disulap menjadi arena parade. Ada belasan kereta hias aneka tema yang meriah, street performer dan pastinya maskot shio tahun ini yaitu Ayam Api.

Dari Hong Kong Cultural Centre Piazza di Tsim Sha Tsui, rombongan parade akan melalui jalan Canton Road, Haiphong Road, Nathan Road, Salisbury Road dan berakhir di Sheraton Hong Kong Hotel and Towers.


                           Chinese New Year Night Parade di Hong Kong tahun lalu.

Meski acara pembukaan di Tsim Sha Tsui hanya untuk pemegang tiket, Anda juga bisa tetap melihat parade ini secara gratis ketika rombongan melintas di Canton Road, Haiphong Road dan Nathan Road. Parade Chinese New Year Night 2017 di Hong Kong ini akan berlangsung pada tahun baru Imlek, 28 Januari 2017 pukul 20.00 – 21.45 waktu setempat.

3. Malaysia

Di Malaysia, saat malam pergantian tahun baru Imlek akan ada pertunjukkan kembang api yang meriah. Di Kuala Lumpur, Anda dapat menyaksikannya di daerah Chinatown, Old Klang Road / Kuchai Lama dan Petaling Jaya. Mal-mal didekorasi dengan tema Imlek. Klenteng-klenteng ramai dikunjungi umat untuk berdoa.


Anda juga bisa melihat atraksi tarian naga dan barongsai. Namun perlu Anda perhatikan, pada hari pertama Imlek (28 Januari 2017) biasanya toko-toko tutup. Ada juga toko yang libur lebih lama karena pemiliknya pulang kampung. Ya, seperti hari raya Idul Fitri, Imlek juga menjadi momen pilihan untuk mudik.

  
                                                   Kek Lok Si Temple, Penang.

Selain Kuala Lumpur, kemeriahan Imlek juga bisa Anda nikmati di Penang Island. Ada satu klenteng paling terkenal yaitu Kek Lok Si Temple. Orang-orang banyak datang ke sini untuk melihat kecantikannya terutama pada malam hari, ketika lampu yang menghiasi seluruh area klenteng dinyalakan. Daerah lainnya di Penang yang juga patut dikunjungi saat Imlek adalah Chulia Street di Georgetown.

4. Singapura

Singapura memiliki banyak festival yang menarik saat Imlek. Salah satu yang paling terkenal adalah Festival River Hongbao. Di sini Anda bisa melihat aneka lampion raksasa berbentuk Dewa Keberuntungan, hewan dari 12 shio dan ikon-ikon kebudayaan Tiongkok lainnya.

Selain itu juga ada pertunjukkan jalanan, pameran seni kaligrafi dan menggunting kertas, bazaar makanan dan jajanan khas Singapura, serta masih banyak lagi. Pada malam pergantian tahun baru Imlek akan ada pertunjukkan kembang api juga di sini.

  
                                      Festival River Hongbao di Marina Bay, Singapura

Tahun ini Festival River Hongbao berlangsung pada 26 Januari - 4 Februari 2017, bertempat di Floating Platform @Marina Bay. Setelah Festival River Hongbao berakhir, masih ada lagi festival meriah lainnya di Singapura yaitu Chingay Parade.

Di Singapura, ini berarti tiba waktunya untuk Chingay Parade. Parade keragaman budaya Singapura ini dilangsungkan pada 10 – 11 Februari 2017 di The Pit Building, Republic Boulevard.

5. Korea Selatan

Tahun baru Imlek di Korea Selatan disebut dengan istilah “Seollal” dan termasuk hari yang dirayakan besar-besaran. Masyarakat Korea Selatan akan libur panjang, pulang ke kampung halamannya masing-masing. Toko dan pusat perbelanjaan pun sebagian besar tutup.

Berbeda dengan perayaan Imlek di Indonesia, Malaysia, Singapura, Hong Kong dan Tiongkok, saat Seollal tidak ada barongsai, tari naga dan ornamen-ornamen berwarna merah. Masyarakat Korea juga tidak mengenakan cheongsam, tapi menggunakan hanbok –pakaian tradisional Korea.

  
                            Anak-anak mengenakan hanbok dan bermain jegichagi.

Mereka juga punya tradisinya sendiri. Inilah mengapa tempat-tempat wisata budaya seperti empat istana di Seoul, Jongmyo Shrine dan Namsangol Hanok Village tidak tutup. Di sini, Anda bisa mencoba berbagai permainan klasik yang jaman dulu kerap dimainkan masyarakat Korea saat Seollal. Seperti yutnori, jegichagi dan sebagainya.

Tertarik untuk mengunjungi salah satu dari negara tersebut untuk merayakan Imlek? Pesan tiket pesawat dan hotelnya di Reservasi.com. Manfaatkan diskon fantastis hingga Rp 1.000.000.

Bandar Sakong