Co-founder Reddit: Kebijakan Donald Trump Tak Cerminkan Amerika

Share:
Capsa Susun
   
Donald Trump dalam pidato pertamanya sebagai Presiden AS mengatakan semua kebijakannya mulai hari ini akan selalu mengedepankan kepentingan warga Amerika, Washington DC, AS, Jumat (20/1). (Buletin365.com)

Buletin365.com, Jakarta - Co-founder Reddit yang juga merupakan seorang imigran, Alexis Ohanian, mengatakan kebijakan imigrasi Donald Trump merupakan tindakan yang "sangat tidak mencerminkan Amerika" dan "berpotensi melanggar konstitusi".

Ohanian mengungkapkan pandangannya melalui sebuah surat terbuka di blog resmi Reddit dengan nickname "kn0thing".

Ia tidak hanya mendeskripsikan dirinya sendiri sebagai anak dari imigran asal Jerman yang tidak terdokumentasi, tetapi juga "cucu dari pengungsi yang melarikan diri dari Genosida Armenia".

"Tanpa imigran dan pengungsi, tidak akan ada aku, dan tidak akan ada Reddit. Kita semua adalah orang Amerika," kata Ohanian di surat tersebut, sebagaimana dikutip dari The Verge, Selasa (31/1/2017). "Jangan lupa, kita telah berkembang sebagai sebuah bangsa karena kita sudah menjadi nyala api bagi keberanian, jerih payah, dan kemiskinan."

Ohanian bukanlah tokoh industri teknologi pertama yang melancarkan protes atas kebijakan Donald Trump. Tokoh lainnya termasuk founder dan CEO Airbnb Brian Chesky yang menawarkan tempat tinggal gratis bagi imigran yang tak diizinkan masuk ke wilayah AS.

"Tak mengizinkan negara atau pengungsi masuk ke AS merupakan hal yang salah dan kita harus bersama mereka yang terkena imbasnya," tutur Chesky, seperti dikutip dari The Telegraph.

CEO Facebook Mark Zuckerberg pun menyerukan hal serupa. Menurutnya, Amerika Serikat adalah negara imigran, dan sebagai bagian di dalamnya masyarakat harus bangga akan hal tersebut.

Zuckerberg juga mengungkapkan bahwa leluhurnya berasal dari luar Amerika Serikat. Begitu pula dengan orangtua istrinya, Priscillia Chan, yang merupakan pengungsi dari Tiongkok dan Vietnam.

"Kita harus membuka pintu bagi pengungsi dan siapa pun yang membutuhkan bantuan. Itulah kita. Apabila peraturan diterapkan beberapa dekade lalu, keluarga Priscillia mungkin tak berada di sini," tuturnya.

Baca Juga: Kuasa Hukum Ahok Cecar Ketua MUI Soal Fatwa Penistaan Agama

No comments