Perut Rata di Usia Sampai Tua dengan Cara Ini

Share:
Capsa Susun
   
Tak peduli berapa pun usia Anda, perut rata masih bisa Anda dapatkan asal tahu caranya.

Buletin365.com, Jakarta Anda mungkin sering mendengar, seiring bertambahnya usia akan bertambah pula berat badan Anda. Hal ini karena pertambahan usia membuat kemampuan metabolisme Anda melambat dan perut rata jadi susah didapatkan.

Tapi, seperti dikutip dari Women's Health, Minggu (29/01/2017) Anda bisa mencegah hal ini, dan caranya pun tak sulit.

Melambatnya metabolisme memang sesuatu yang nyata. Hal ini karena massa otot Anda menurun--kira-kira sebanyak 8 persen untuk setiap dekade setelah Anda berusia 30 tahun, dan 10 persen saat Anda mencapai usia 50 tahun.

Metabolisme yang melambat membuat banyak lemak dan sisa makanan tertimbun di perut karena pencernaan Anda tidak lagi lancar. Inilah yang membuat semakin tua usia semakin sulit perut rata dipertahankan.

"Anda kehilangan kira-kira setengah pon otot sehat setiap tahun pada usia 20-an, 30-an, dan 40-an. Dan begitu Anda mencapai usia 50-an, Anda akan kehilangan sekitar 1 pon setahun," ujar Wayne Westcott, Ph.D., seorang psiologist latihan di Quincy College di Boston.

Walaupun para peneliti belum yakin kenapa hal ini terjadi, teori yang paling memungkinkan adalah karena tubuh Anda mulai menguraikan otot dengan kecepatan yang lebih cepat dibanding waktu untuk membangunnya lagi.

Otot bersifat aktif secara metabolisme, jadi ketika otot Anda menurun, begitu juga kemampuan metabolisme Anda. Jadi apa yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hal ini? Membangun lebih banyak otot.

Penelitian menunjukkan, mengangkat beban dua kali seminggu selama 25 menit bisa memberikan kekuatan tambahan yang akan melancarkan metabolisme Anda.

Satu studi yang dilakukan oleh Westcott dari 1.600 orang berusia antara 21-80 tahun menunjukkan pembentukan otot mencapai 3,1 pon (sekitar 1,5 kg) setalah 10 minggu latihan angkat beban.

"Hal ini sama seperti membalik efek penuaan selama 6 tahun," ujar Westcott.

Para partisipan melakukan satu set dari 12 jenis latihan yang berbeda, menggunakan beban yang cukup yang akan membuat mereka kelelahan setelah delapan sampai 12 kali pengulangan.


Bagian terbaiknya, tak peduli usia Anda 25 tahun maupun 75 tahun, hasilnya sama untuk semua kelompok usia. Jadi, bahkan usia Anda sudah di atas 50 tahun pun, perut rata masih bisa jadi milik Anda.

Baca Juga: Mengatur Keuangan Setelah Libur Akhir Tahun Agar Tak Bangkrut

No comments