Hindari 6 Kebiasaan Harian yang Buat Anda Cepat Pikun

Share:
Capsa Susun
   
                                        Ternyata, Ini penyebab Pikun Di Usia Mudah 

Buletin365.com, Jakarta Ternyata melemahnya daya ingat dapat berujung dengan penyakit pikun yang akan dialami pada masa tua. Bukan karena umur saja, kebiasaan lupa sudah terjadi karena sering meninggalkan kebiasaan baik untuk menambah daya ingat. Inilah 6 kebiasaan yang sering dilakukan dan mempercepat kepikunan, seperti yang dirilis oleh lifehack.org, Kamis (24/1/2017).

Tidak tidur cukup
Kebanyakan orang tidak memiliki tidur yang cukup dengan berbagai alasan, mulai dari kerja lembur hingga memang suka begadang. Ternyata kebiasaan tidak cukup tidur akan membuat Anda sering lupa, karena tubuh terlalu lelah dan membuat tidak berkonsetrasi pada pekerjaan. Jika ingin memperkuat daya ingat, pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup tujuh hingga sembilan jam sehari.

Tidak berlolahraga
Kebiasaan tidak berolahraga ternyata memiliki andil yang cukup besar untuk meningkatkan resiko melemahnya daya ingat, sehingga cepat pikun. Padahal berolahraga secara rutin akan meningkatkan kemampuan daya ingat dan memberi kesempatan pada otak mendapatkan nutrisi serta oksigen saat melatih tubuh. Menyisihkan waktu Anda 20 hingga 30 menit untuk berlari atau berolahraga tiga kali seminggu sudah cukup meningkatkan daya ingat.

Tidak istirahat cukup
Terlalu sering memaksakan diri untuk melakukan pekerjaan tanpa beristirahat, dapat menurunkan daya ingat Anda lebih cepat. Padahal beberapa menit beristirahat dapat membantu Anda mengolah informasi dengan baik. Jika Anda sudah sulit berpikir dalam bekerja, beristirahat beberapa menit sebab akan membantu mengembalikan konsentrasi.

Tidak mengasah otak
Banyak orang yang menganggap sepele permainan karena tidak ingin dianggap seperti anak kecil. Padahal kenyataannya, sering bermain apalagi dengan permainan asah otak akan meningkatkan kapasitas otak sehingga dapat menyelesaikan permasalahan lebih cepat. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah memasukkan beberapa permainan asah otak dalam smartphone yang bisa dimainkan saat senggang.

Tidak mengonsumsi makanan sehat
Banyak orang yang menganggap makanan sehat sangat sulit dibuat dan memilih mengonsumsi makanan cepat saji yang tidak sehat. Padahal kekurangan konsumsi makanan sehat dapat mempercepat proses pikun. Untuk itu, mulailah mengonsumsi makanan sehat sebagai camilan seperti buah-buahan dan memperbanyak minum air putih untuk meningkatkan daya ingat.

Tidak bermeditasi

Dianggap sepele, ternyata jarang melakukan meditasi dapat mendukung berkurangnya daya ingat. Waktu kesendirian dalam proses meditasi akan membantu pikiran lebih tenang dan tidak terganggu dengan berbagai situasi yang ada di luar. Rajin meditasi selama 10 menit sehari akan membantu Anda meningkatkan daya ingat sehingga lebih berkonsentrasi saat kerja.

Baca Juga: 6 Cara Sederhana Hidup Bebas Stres

No comments