Tips Sukses Berbisnis Lewat Media Sosial

Share:
Capsa Susun
   
                                             Tips Sukses Berbisnis Lewat Media Sosial

Buletin365.com, Jakarta - Pemasaran digital telah menjadi bagian penting dari setiap bisnis. Awalnya berbisnis atau usaha dengan menggunakan bantuan teknologi enggan dilakukan, tapi kini justru terbalik, banyak bisnis yang malah sukses karena pemasarannya dilakukan lewat teknologi internet seperti bantuan media sosial.

Sudah banyak juga kisah sukses berbisnis karena media sosial yang bisa dibaca lewat situs-situs yang tersebar saat ini. Pemasaran lewat digital memiliki banyak sisi keuntungan dan media sosial adalah salah satu aspek yang telah menarik banyak keberhasilan dan kesuksesan.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin sukses berbisnis dan memasarkan usaha lewat media sosial. Laman Asianimage membagi tipsnya di bawah ini, tapi sebelum masuk ke tips, perhatikan juga langkah berikut yang harus dilakukan:Pilih media sosial yang tepat untuk memasarkanAnda tetap harus memilih media sosial dengan sangat hati-hati. Ada beragam media sosial yang bisa digunakan seperti Facebook, Instagram, atau Twitter. Perusahaan harus menyadari bahwa tidak semua saluran tepat untuk semua bisnis.

Kadang perusahaan membuat kesalahan hanya dengan menggunakan semua media sosial, namun tidak fokus dengan yang ditawarkan. Untuk langkah awal fokus di satu tujuan dulu dan konsentrasilah pada itu.

Jangan bisnis karena ikut-ikutan pesaing Hanya karena pesaing bisnis menggunakan alat atau medsos tertentu tidak berarti bahwa Anda harus mengikutinya, terkadang pesaing bisa menggunakan media sosial yang salah untuk mengkomunikasikan pesan mereka, misalnya Twitter sebagai media sosial memang sangat berguna, tetapi tidak semua bisnis cocok menggunakan media Twitter.

Berbeda Kriteria antara bisnis ke bisnis (B2B) dan bisnis ke konsumen (B2C)Disarankan bahwa ini harus diperhitungkan ketika memilih saluran untuk digunakan. Setelah memilih media sosial yang tepat untuk bisnis Anda, langkah berikutnya adalah mengakui bahwa isi dari posting media sosial adalah sangat penting.

Apa konten yang diposting, seberapa sering itu diposting dan bagaimana konsumen bisa terlibat. Bisnis model ini perlu memastikan bahwa posting dan update bisa menarik dan menjadi informatif kepada pembaca, berikut tipsnya:- Jangan sampai absen posting dalam sehari tapi jangan juga terlalu sering memposting hal sama berkali-kali, setidaknya sehari 3 kali, dan buat konten menarik untuk dibaca sehingga membuat orang berminat membeli.- Bijak menggunakan media sosial. Saat Anda memposting bisnis dengan informasi yang cukup banyak, alangkah baiknya gunakan Facebook atau Instagram, karena jika memposting lewat twitter ada batasan dan biasanya lebih cepat terganti dengan posting-posting lainnya. Oleh karena itu, tulisan yang digunakan di Facebook mungkin tidak cocok untuk Twitter. Begitupun sebaliknya.-  Jika sudah punya nama, memasarkan produk lewat sosial media juga perlu ditangani oleh ahlinya, karenanya carilah orang yang berpengalaman dan paham tentang pemasaran sosial media, hal ini untuk mengembangkan bisnis yang sudah Anda rintis. Jadi Anda tinggal berkonsetrasi dengan produk dan carilah orang-orang  yang tepat untuk lebih memajukan bisnis Anda.-  Rancang jadwal dan konten, putuskanlah membuat konten dan konten campuran yang tepat (seperti penjualan dan informasi), hal ini akan membuat produk yang Anda pasarkan terkesan profesional, seringlah membuat model, ide dan kata-kata yang kreatif yang dapat menarik orang mau melihat jualan Anda.

Baca Juga: Kepala Strategi Donald Trumph: Media Seharusnya Tutup Mulut

No comments