Ada Aksi 212 di Depan DPR, Ini Arahan Rute Pengalihan Arus Lalu Lintas

Share:
Capsa Susun
  
Aksi 212 Jilid I yang berlanghsung di kawasan Jalan Thamrin hingga Monas

Buletin365.com, Jakarta - Ribuan massa dari berbagai elemen masyarakat bakal mengikuti Aksi 212 Jilid II di depan Gedung DPR-MPR, Selasa (21/2/2017). Aksi yang diinisiasi oleh Forum Umat Islam (FUI) ini akan berlangsung sejak pukul 07.00 WIB sampai selesai.

Untuk mengantisipasi membludaknya massa aksi 212 yang berunjuk rasa di depan Gedung Parlemen atau tepatnya di Jalan Gatot Subroto, petugas Ditlantas Polda Metro Jaya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi.

"Ini untuk mempertahankan Kamseltibcar (keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran) lalu lintas tetap dinamis dan kondusif, sehingga seluruh aktivitas masyarakat tetap berjalan lancar," ujar Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, Jakarta, Senin 20 Februari 2017.

Setidaknya ada tiga alternatif yang disiapkan polisi menghadapi Aksi 212 Jilid II ini. Alternatif pertama, pengaturan lalu lintas dalam situasi normal.

"Alternatif kedua, apabila terjadi kepadatan di depan Gedung DPR, arus lalu lintas mengarah ke objek tersebut akan dikurangi atau dialihkan ke Jalan Graha Pemuda, Asia Afrika, Gelora, Palmerah dan seterusnya," beber Budi.

Namun apabila kondisi di depan Gedung DPR membludak hingga kendaraan tak bisa melintas, polisi akan mengambil alternatif ketiga, yakni pengalihan arus lalu lintas.

Adapun rute pengalihan arus lalu lintasnya sebagai berikut:

1. Arus lalu lintas dari Semanggi dialihkan ke Jalan Graha Pemuda - Asia Afrika dan seterusnya, atau Palmerah - Permata Hijau dan seterusnya.

2. Arus lalu lintas dari Jalan Graha Pemuda - diputar balikkan ke Graha Pemuda - Asia Afrika dan seterusnya, atau Palmerah - Permata hijau dan seterusnya.

3. Arus lalu lintas dari Jalan Tol Dalam Kota yang akan keluar di DPR diluruskan ke Slipi Jaya.

4. Arus lalu lintas dari Jalan Jenderal Sudirman yang akan mengarah ke Gedung DPR diluruskan ke arah Bundaran HI - Tanah Abang dan seterusnya.

5. Arus lalu lintas Jalan Tol Dalam Kota yang akan keluar Farmasi atau Ladogi diluruskan keluar di Off Ramp Semanggi.

6. Tempat parkir massa dipersiapkan di Parkir Timur Senayan dan sepanjang Jalan Pemuda, satu lajur.

Baca Juga: Jaksa Datangkan 4 Ahli pada Sidang Ahok Hari Ini

No comments