Mengejutkan Barca Kalah Telak Dari PSG

Share:
Capsa Susun
Luiz Suarez Dan Lionel Messi

Buletin365.com, Pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions mempertemukan Paris Saint-Germain melawan Barcelona. Pertandingan ini dilangsungkan di Parc des Princes pada hari Rabu (15/02).

Di luar dugaan, Barcelona bermain loyo dan PSG sangat disiplin. PSG bisa sepenuhnya mematikan rencana permainan Barca dan menang telak 4-0. Angel Di maria mencetak dua gol sedangkan sisanya dicetak oleh Julian Draxler dan Edinson Cavani.

PSG membuktikan ucapan bahwa mereka tidak merasa inferior terhadap Barcelona. Sejak menit pertama pertandingan, PSG sudah menekan Barcelona habis-habisan. Barca tak dibiarkan menguasai bola dan seperti tak punya ide untuk mengatasi situasi itu.

PSG terus mencecar pertahanan Barca, utamanya dari sektor sayap. Para pemain bertahan Barcelona dipaksa membuat penyelamatan demi penyelamatan agar gawangnya tidak kebobolan. Sergi Roberto dan Marc-Andre Ter Stegen harus melakukan penyelamatan di awal-awal laga.

Terus ditekan, gawang Barcelona jebol juga pada menit ke-18. Samuel Umtiti melakukan pelanggaran tepat di depan kotak penalti Barca. Angel Di Maria yang mengambil tendangan bebas itu bisa menempatkan bola di tiang dekat dan Ter Stegen tak mampu membendungnya. 1-0 untuk PSG.

Barcelona benar-benar tak diberi kesempatan untuk mengembangkan permainan dalam laga ini. Sayap-sayap PSG bisa dengan sangat bebas menggempur habis-habisan area pertahanan Barca dan para fullback Barca tidak mampu menghentikan mereka. Di Maria dan Julian Draxler mengacak-acak pertahanan Barca hampir sepanjang babak pertama.

Menjelang jeda, PSG menggandakan keunggulan mereka melalui Draxler. Rabiot berhasil merebut bola dari Messi lalu memberikan bola kepada Marco Verratti. Gelandang asal Italia itu berlari tanpa tekanan dan kemudian mengirim umpan kepada Draxler. Winger asal jerman itu melepas tembakan yang tak mampu dihentikan oleh Ter Stegen. Skor 2-0 bertahan sampai jeda.

Memasuki babak kedua, Barcelona tetap tak mampu keluar dari tekanan PSG. Setiap kali Barca menguasai bola, para penggawa PSG langsung menunjukkan pressing ketat sehingga permainan Barca yang mengandalkan bola dari kaki ke kaki tidak bisa berjalan lancar.

PSG unggul semakin jauh pada menit ke-55 melalui gol kedua Angel Di Maria. Layvin Kurzawa menyisir sayap kiri, masuk ke tengah dan kemudian melepas umpan kepada Di maria. Setelah menghindari tekling Jordi Alba, Di Maria bisa dengan bebas menjebol gawang Barca lagi.

Luis Enrique melakukan beberapa pergantian pemain untuk menambah kreativitas mereka di lini tengah. Namun upaya Barca ini tidak membuahkan hasil yang diharapkan. Mereka tetap sulit keluar dari pressing mencekik PSG.

Tuan rumah bahkan mampu menambah gol lagi pada menit ke-71 lewat Edinson Cavani. Thomas Meunier mampu melewati lini tengah Barcelona dengan sangat mudah. Ia pun kemudian mengirim umpan kepada Cavani yang berlari menuju gawang. Tanpa kontrol, Cavani langsung menembak bola dan Ter Stegen tak cukup cepat untuk menghentikannya,

PSG lalu mengendurkan permainan mereka dan Barcelona bisa mulai mengendalikan permainan. Barca pun mulai mampu menciptakan peluang, termasuk heading jarak dekat Umtiti yang hanya menghajar tiang gawang Trapp.

Sampai laga usai, skor 4-0 tetap bertahan. Meski kalah telak, Barcelona belum sepenuhnya tersingkir. Mereka masih punya kesempatan untuk membalik kedudukan dalam leg kedua yang akan digelar pada 9 Maret mendatang. Syaratnya, Barcelona harus bisa menang minimal lima gol tanpa balas.

Susunan pemain PSG: Trapp; Meunier, Marquinhos, Kimpembe, Kurzawa; Verratti (Nkunku, 68'), Rabiot, Matuidi; Di Maria (Moura, 61'), Cavani, Draxler (Pastore, 86').

Susunan pemain Barcelona:  Ter Stegen; Sergi Roberto, Pique, Umtiti, Alba; Iniesta (Rakitic, 73'), Andre Gomes (Rafinha, 57'), Busquets; Messi, Suarez, Neymar.

Baca Juga: Ikut Nyoblos Pilkada DKI 2017, TPS Jokowi Dijaga Ketat

No comments