Jokowi Beberkan Kunci Produk UMKM Bisa Tembus Pasar Ekspor

Share:
Capsa Susun
  
Presiden Joko Widodo

Buletin365.com, Jakarta Presiden Joko Widodo tidak sungkan menggatakan kunci keberhasilan sebuah usaha UMKM di dunia. Hal ini bisa menjadi acuan bagi negara-negara anggota IORA.

"UMKM yang mengekspor itu keuntungan usahanya lebih besar, kedua bisa membuat kesempatan untuk lapangan kerja lebih banyak, ketiga bisa membuat kesempatan inovasi yang lebih baik dan lebih banyak," kata Jokowi saat membuka IORA Business Summit 2017 di JCC, Senayan, Jakarta, Senin (6/3/2017).

Semua modal ini akan lebih lengkap bila terintegrasi dengan teknologi. Saat ini, hanya menggunakan ponsel pintar yang murah asal mempunyai jaringan internet yang mumpuni siapapun bisa berjualan produk buatannya ke seluruh Indonesia bahkan dunia.

"Bagi usaha kecil dan menengah, bagi wanita, bagi pengusaha muda, yang namanya mobile internet itu secara otomatis jangkauannya langsung nasional, sudah langsung regional, bahkan sudah langsung internasional, sudah global," imbuh Jokowi.

Tinggal memastikan seluruhnya terkoneksi dengan baik melalui berbagai aplikasi, komunitas, marketplace, dan payment system. Secara teknis hal ini tidak sulit. Tinggal bagaimana menentukan model bisnis yang akan dilaksanakan.

"Dan business model seperti apa yang menghasilkan omzet yang stabil, profit yang cukup, tingkat pertumbuhan menarik sehingga menarik untuk investasi secara berkelanjutan," pungkas Jokowi.

Baca Juga: MASIH LAKUKAN 5 HAL INI? TANDA HUBUNGAN ASMARA ANDA AKAN BERAKHIR

No comments