Bandar Capsa Bandar Capsa Bandar Q Bandar Sakong Dan Adu Q Juga Bandar Poker Online Terpercaya Bandar Sakong Dan Adu Q Juga Bandar Poker Online Terpercaya Bandar Sakong Dan Adu Q Juga Bandar Poker Online Terpercaya

Pengamat LIPI Sebut Isu SARA tak Pengaruhi Pilkada DKI 2017

Share:

Apakah Ahok-Djarot atau Anies-Sandiaga yang akan menjadi pemenang dalam Pilkada DKI 2017? 

Buletin365.com, Jakarta - Bermunculannya isu SARA yang berkembang pesat di Pilkada DKI 2017 dikatakan Peneliti LIPI Situ Zuhro sebagai gambaran sikap kurang baik. Pendapat dia, Jakarta sebagai Ibu Kota semestinya bisa dapat lebih memperlihatkan pilkada yang lebih baik karena diduduki masyarakat yang teredukasi.

"Ini Ibu Kota, asumsinya diduduki oleh orang educated, sudah melek politik, sehingga itu yang harusnya diperlihatkan para calon-calon tersebut, tidak mesti menggunakan isu SARA," kata dia di Jakarta Pusat, Jumat (17/3/2017).

Untuk putaran kedua Pilkada DKI 2017, ia menuturkan, isu SARA tidak perlu 'dipanasi' kembali. Hal ini diutamakan dari hasil putaran pertama yang tetap dimenangkan pasangan Ahok-Djarot, ketimbang dua rivalnya yang ada di jalur mayoritas.

"Terbukti di putaran pertama (Pilkada DKI) sara tidak mempengaruhi. Kalau pengaruh ya tidak pada yang pilih Ahok, karenanya ini tidak usah dipanas - panasi, fokus kita jadi habis di situ," tutur dia.

Lebih jauh, Siti melihat, kini ada budaya politik di Pilkada DKI 2017 yang hendak dibuat dengan nilai kurang memajukan. Demokrasi yang terus memakai isu SARA dicemaskan bisa membuat masyarakat jenuh dan bisa menilai bahwa demokrasi sudah tak lagi berguna.

"Kalau dilihat dari politik yang hendak ditingkatkan dari nilai budaya di DKI mestinya tidak sperti ini, ini setback (mundur) bukan maju, intinya mesti menang ini ya susah. Saya khawatir kalau demokrasi gini terus ada saatnya nanti akan bersama mengatakan cukuplah demokrasi karena rusuh, gaduh, banyak aksi SARA," tutur dia.

Baca Juga: Pendapat Ahok Soal Tuntutan Reklamasi Dimenangkan Nelayan

No comments