Bandar Sakong

Perundingan Masalah Status Kontrak Freeport Masuk Tahap Final Judi Bola


Freport Indonesia

Buletin365.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyatakan, proses negosiasi dengan Freeport Indonesia mengenai pelepasan status Kontrak Karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) telah masuk tahap final.

Jonan mengatakan, dalam negosiasi dengan Freeport Indonesia terdapat tiga pokok bahasan. Pokok bahasan pertama adalah masalah perubahan status kontrak. Pokok bahasan kedua mengenai pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian mineral (smelter) dan pokok bahasan ketiga mengenai pelepasan saham atau divestasi.

Untuk pokok bahasan pertama taitu perubahan status dari KK ke IUPK, Jonan melanjutkan, proses negosiasi tersebut bakal bisa selesai dalam waktu dekat ini. "Itu kewajiban Freeport Indonesia untuk menerima perubahan KK menjadi IUPK," kata Jonan, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Proses perundingan perubahan status KK menjadi IUPK antara pemerintah dengan Freeport Indonesia saat ini sedang dalam proses finalisasi. Jika perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) tersebut telah melepas status KK menjadi IUPK maka pemerintah akan memberi izin ekspor mineral olahan (konsentrat).

Untuk diketahui, perubahan status tersebut merupakan syarat untuk perusahaan tambang mineral berstatus KK, agar mendapat rekomendasi izin ekspor konsentrat dari Kementerian ESDM, yang kemudian diteruskan menjadi izin ekspor dari Kementerian Perdagangan.

Mengenai perubahan status tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2017 dan turunannya Peraturan Menteri ESDM Nomor 5 Tahun 2017.

Jonan melanjutkan, selama ini Freeport belum bisa melakukan ekspor konsentrat karena belum mau mengubah status KK menjadi IUPK. Dampaknya produksi Freeprt tak maksimal atau di bawah kapasitas yang ada.

"Sampai saat ini Freeport Indonesia belum melakukan ekspor konsetrat yang kami izinkan. Rekomendasi ekspor tidak bisa didasarkan KK lagi, harus IUPK. kalau bisa selesai pada wakutu singkat akan berjalan," tutup Jonan

Baca Juga: Ada Aksi 313, Krl Jabodetabek Beroperasi Normal

Post a Comment