Rivalitas Pergantian Jabatan Dirut Pertamina Makin Ketat

Share:
Capsa Susun
  
Ilustrasi Pertamina

Buletin365.com, Jakarta - Rivalitas Pergantian jabatan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) pengganti Dwi Soetjipto makin ketat. Sebab saat ini jumlah calon Dirut Pertamina semakin menurun, sesudah dilakukan berbagai preferensi.

‎Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Edwin Hidayat Abdullah menuturkan, awalnya rangkaian dewan komisaris telah mengirim 5 nama calon yang berasal dari internal. Sesudah melalui metode didapatkan tiga calon terbaik.

"Intinya kita minta lima, limanya di assest, dan ada tiga terbaik itu ada dari internal," kata Edwin, di Jakarta, Kamis (9/3/2017).

Edwin menjelaskan, 3 calon terbaik tersebut mempunyai parameter mumpuni untuk menggantikan jabatan orang nomor satu di Pertamina. Parameter tersebut antara lain ‎kepemimpinan, strategi bisnis dan kemampuan bekerjasama dengan tim.

‎"Dari observasi kita dan dewan komisaris melihat paling utama leadership. Kami tidak mencari super CEO yang mengerti semua teknis, tapi yang penting leadership dia yang punya wawasan dan dia punya program yang jitu untuk membawa Pertamina seperti wawasan yang diterapkan," tutur dia.

Edwin menjelaskan, tiga calon tersebut telah diserahkan ke Menteri BUMN Rini Soemarno. Sedangkan keputusan calon yang akan dipilih berada di tangan Presiden Joko Widodo.‎ Namun, ketika ditanyakan tiga calon tersebut dia merahasiakan.

"Tergantung pak presiden sama ibu, karena lepas dari saya assesment. Alhamdulillah semuanya baik, tapi tidak tahu pertimbangnnya tidak tahu. Leadership integrity dan segala macamnya," tutur Edwin.

Sebelumnya, pada akhir Februari 2017, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sedang mencari calon Bos Pertamina. Dalam proses seleksi tersebut terdapat 5 calon.

Deputi Bidang Energi, Logistik, dan Pariwisata Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah mengatakan, pihaknya akan mendapat hasil yang cocok untuk menjadi Direktur Utama Pertamina secepatnya.

Edwin menjelaskan, ada lima calon sedang menyelusuri seleksi ‎Direktur Utama Pertamina. Para calon tersebut berasal dari internal Pertamina. "Semua masih dari internal yang sekarang. Ada lima orang," tutur Edwin

Baca Juga: JAKSA: SETYA NOVANTO IKUT DALAM PERTEMUAN DENGAN TERDAKWA E-KTP

No comments