Bandar Sakong Capsa Susun

Friday, April 28, 2017

5 Cara Nambah Ilmu Tanpa Harus Bayar Mahal


Ilustrasi Belajar

Buletin365.com, Jakarta - Selain pekerjaan utamamu sehari-hari, kamu pasti punya minat di satu bidang ilmu tertentu kan? Bisa di dunia seni, literatur, ekonomi praktis, otomotif, dan lain-lain.

Menguasai, atau seenggaknya mengenal lebih dalam subyek-subyek ini enggak harus dengan sekolah formal. Kamu bisa mempelajarinya secara mandiri, tanpa harus ada embel-embel biaya bulanan.

Nah, berikut adalah 5 cara menambah ilmu tanpa harus bayar mahal yang boleh banget kamu terapkan seperti dikutip dari Tunaiku:

Rajin baca situs-situs yang kredibel

Daripada mantengin berita-berita hoax dan menebar kebencian, mendingan akses situs-situs berbobot dan informatif, seperti, Khan Academy, Corbie, Quora, atau Mental Floss. Situs-situs ini layak kamu bookmarked karena selalu ada pengetahuan baru yang bisa kamu dapatkan di situ.

Tonton video edukatif di Youtube

Channel favoritmu di Youtube apa saja nih?  Boleh-boleh saja sih mengikuti update vlog dari Youtuber kesayangan atau mengecek video klip band favorit. Tapi, sesekali intip deh channel seperti Crash Course dengan pengetahuan umumnya yang sederhana tapi tetap edukatif; Kurzgesagt – In a Nutshell yang dikemas dalam infografis yang interaktif; atau Sick Science! untukmu yang masih terngiang-ngiang dengan mata pelajaran Biologi, Kimia, dan Fisika di bangku sekolah dulu.

Pinjam buku di perpustakaan

Kamu tahu enggak sih, lokasi perpustakaan di kotamu?  Dalam satu tahun terakhir, sudah berapa kali nih mengunjungi perpustakaan? Perpustakaan itu bukan hanya untuk mereka yang sibuk skripsi, lho.

Untukmu yang masih setia dengan lembaran buku dibandingkan tab-tab di komputer atau ponsel, perpustakaan harusnya jadi tempat favorit. Di akhir pekan ini, yuk kunjungi perpustakaan daerah!

Mencatat hal-hal yang ingin kamu ketahui  

Ada kalanya saat sedang membaca dokumen pekerjaan, kamu menemui satu-dua istilah yang belum kamu kenal. Langsung catat di jurnalmu dan beri penanda: “Must Google!”.

Mencatat di jurnal itu masih mengasyikkan lho!  Hitung-hitung, sebagai penyeimbang aktivitasmu yang 90 persen berkutat di gadget. Coba deh googling dengan keyword “Bullet Journal” kamu pasti jadi pengen langsung coba!

Berdiskusi dengan teman

Ada kalanya saat berdiskusi dengan rekan kerja, mereka menyebutkan istilah-istilah yang belum pernah kamu dengar. Jangan malu bertanya jika memang enggak paham. Malu bertanya sesat di jalan, lho. Dengan berdiskusi, kamu menunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang terbuka dan antusias akan hal-hal baru.

Lihat Juga: INGIN KAYA DI USIA MUDA? LAKUKAN 5 HAL INI

Bandar Sakong

0 komentar:

Post a Comment