Bandar Sakong

Ingin Aman Pakai Kartu Kredit dan Debit? Simak Tips Ini Judi Bola


Ilustrasi Foto Kartu Kredit

Buletin365.com, Jakarta - Kartu kredit dan kartu debit adalah alat pembayaran yang sah yang bisa digunakan kapan pun dan di manapun selagi tempat yang dituju menerima pembayaran dengan kedua kartu tersebut.

Keberadaan kartu kredit dan debit memang memudahkan masyarakat untuk melakukan pembayaran. Namun kartu kredit juga membuat kita terlena. Kadang Anda tidak menyadari kapan harus menggunakan kedua kartu tersebut.

Alhasil kartu kredit dan debit asal digesek saja sehingga utang mulai menumpuk dan tabungan mulai terkuras.

Mengapa seseorang memilih untuk menggunakan kartu kredit dan debit? Alasan pertama adalah karena praktis. Kedua adalah karena menggunakan kartu tersebut jauh lebih aman karena bisa mengurangi terjadinya tindak kriminalitas yaitu pencurian atau perampokan.

Kartu kredit dan debit memang memberikan segala bentuk kemudahan dalam bertransaksi termasuk potongan diskon. Namun Anda yang memiliki kartu kredit dan debit juga perlu berhati-hati.

Saat ini sedang marak kasus penipuan dengan pembobolan identitas diri si pemilik kartu. Kalau akun Anda sudah berhasil dibobol, maka si pencuri bisa menggunakan kartu milik sendiri dengan seenaknya.

Untuk menghindari kasus di atas, Anda perlu berhati-hati sebelum menggunakan kartu kredit. Tempat-tempat yang perlu dihindari saat menggunakan kartu debit dan kredit, antara lain, seperti dikutip dari cermati, seperti ditulis Minggu (16/4/2017):

1. Online Shopping

Saat ini, keberadaan online shopping semakin menjamur di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Setiap online shop juga memberikan kemudahan sewaktu bertransaksi, di antaranya metode pembayaran di tempat, metode transfer, melakukan pembayaran di gerai minimarket dan menerima pembayaran dengan menggunakan kartu debit dan kredit.

Untuk memastikan, data kartu debit dan kredit yang hendak digunakan sewaktu pembayaran aman, Anda perlu memastikan online ship tersebut aman dan tepercaya. Anda bisa mencari tahu bagaimana kinerja dari online shop tersebut dengan melihat testimoni dari konsumen yang sudah pernah berbelanja di sana dan bagaimana tanggapan yang diberikan konsumen tersebut.

Jika menemukan tanda-tanda yang mencurigakan mengenai online shop tersebut, sebaiknya jangan memasukkan nomor kartu debit dan kartu kredit di sana. Carilah online shop lain yang memberikan jaminan 100 persen mengenai keamanan dan privasi dari setiap konsumen.

2. ATM di Luar Ruangan

Kerap kali uang yang ada di dompet kita tidak cukup untuk satu hari atau terkadang kita lupa membawa uang cash atau tunai ketika bepergian. Keberadaan kartu kredit dan debit sangatlah membantu.

Nah, untuk menjamin identitas akun, Anda disarankan untuk tidak menggunakan kartu debit di sembarang tempat apalagi di ATM yang tidak memiliki kaca penutup atau ruangan. Hal ini dilakukan agar tindak kriminalitas tidak terjadi.

Bayangkan saja jika Anda berani-beraninya menggunakan ATM di luar ruangan dan orang yang di belakang mengetahui nomor pin Anda, bukan tidak mungkin bahwa ia akan mengikuti dan menodong kartu tersebut serta mengambil semua isinya secara berkala.

Hindarkan Hal Ini Saat Pakai Kartu Kredit

Selain menghindari beberapa tempat untuk menggunakan kartu debit dan kredit, berikut adalah hal yang harus dihindari ketika menggunakan kartu kredit antara lain:

- Jangan memiliki lebih dari satu kartu kredit karena hal ini sama saja membuat diri sendiri terjerat pada utang. Anda tahu, jumlah yang ada di kartu kredit harus dibayarkan setiap bulannya dan merupakan kewajiban Anda sebagai pengguna kartu kredit.

Agar penghasilan yang diterima tidak habis hanya membayar utang, milikilah hanya satu kartu kredit saja.

- Membayar utang kartu kredit tepat pada tanggal jatuh tempo pembayaran. Jika membayar cicilan kartu kredit melebihi batas waktu yang telah ditetapkan, maka Anda akan dikenakan denda keterlambatan yang tinggi. Jumlah tersebut akan semakin bertambah jika terus menerus menunda pembayaran.

- Jangan pernah mengambil uang tunai menggunakan kartu kredit. Hal ini memang diperbolehkan, namun Anda perlu tahu bunga yang akan dibebankan semakin tinggi tergantung pada besarnya uang tunai yang ditarik.

Penipuan semakin merajalela. Tentunya Anda tidak mau dirugikan, bukan? Oleh karena itu berhati-hatilah saat hendak menggunakan kartu debit dan kredit. Perhatikan tempat dan hal apa saja yang harus dihindari ketika menggunakannya.

Baca Juga: Klasmen Liga Spanyol: Real Madrid Jaga Jarak Dari Barcelona

Post a Comment