7 Negara yang Nggak Punya Tentara. Meski Tanpa Pasukan Militer, Tapi Negara Ini Aman-aman Saja

Share:
Capsa Susun


Buletin365.com - Di era ini, ketegangan antar negara semakin menjadi-jadi. Korea Utara dan Korea Selatan saja yang hingga sekarang masih gencatan senjata, Amerika dan Cina yang makin memanas, hingga kondisi Indonesia dan negara tetangga yang rawan gesekan dan berakhir dengan terjadinya peperangan. Wajar jika kita makin sering dengar berita soal negara-negara yang terus memperkuat pasukan tentaranya. Nggak cuma dari segi jumlah, namun juga segi alutsista yang dimiliki oleh negaranya. Yah, ancaman perang bisa terjadi kapan saja.

Namun di tengah kondisi dunia yang sebegitu panasnya, ternyata masih ada saja negara yang tak punya tentara. Mereka cuma mengandalkan polisi dan kemampuan diplomasi untuk terhindar dari peperangan dengan negara tetangga. Penasaran negara mana saja? Nih Hipwee News & Feature punya infonya…

1. Islandia. Tidak punya tentara, negara ini cuma punya Icelandic Coast Guard yang berpatroli di wilayah laut dan udara



Nah prajurit tersebut tak bisa disebut dengan tentara karena jumlahnya yang terbatas. Untungnya, urusan keamanan mereka tak perlu khawatir. Telah ada perjanjian dengan NATO dan Amerika yang bersedia melindungi Islandia dari ancaman negara lainnya.

2. Setelah perang saudara pada 1948, Kosta Rika membubarkan pasukan tentaranya. Polisi-lah yang membela saat ada konflik perbatasan dengan Nikaragua



Meskipun kerap terjadi konflik perbatasan dengan Nikaragua, Kosta Rika ternyata tidak memiliki tentara. Bahkan, Kosta Rika bisa disebut sebagai salah satu negara terbesar yang tak memiliki angkatan bersenjata. Berawal dari perang saudara pada tahun 1948, pemerintah Kosta Rika membubarkan pasukan tentaranya. Alhasil, polisinya yang diberi tugas melindungi perbatasan negara.

3. Haiti punya cerita yang sedikit berbeda. Tentara dihapus karena pernah melakukan kudeta!



Kalau di Kosta Rika masalahnya perang saudara, di Haiti ceritanya sedikit berbeda. Adalah kudeta militer yang menyebabkan pemerintahnya memutuskan untuk membubarkan pasukan militer tentara. Kalau satu-dua kali sih mungkin masih bisa direformasi, di Haiti sudah terjadi kudeta berkali-kali! Wajar sih jika akhirnya tentaranya dibubarkan.

4. Kalau Monako, tanpa tentara namun mereka punya dua unit kecil. Satu untuk melindungi sang Pangeran, satu untuk melindungi rakyatnya



Untuk urusan keamanan negara, Monako punya dua unit kecil yang bisa diandalkan. Satu unit untuk melindungi sang Pangeran dan satu unit untuk melindungi rakyatnya. Nah untuk urusan melindungi negara, kerajaan Monako punya perjanjian khusus dengan Prancis. Jadi meski tak punya tentara sendiri, ada tentara Prancis yang siap melindungi.

5. Cerita dari Liechtenstein pun berbeda. Mereka tak punya tentara karena biayanya terlalu memberatkan anggaran negara



Sebenarnya dulu Liechtenstein pernah punya tentara bersenjata, namun pasukan tentara mereka dihapus dari negara pada tahun 1868 karena perkara biaya. Pengadaan tentara dirasa terlalu membebani anggaran belanja negara. Mereka pun ternyata cuma punya 125 anggota kepolisian! Namun jangan salah, tingkat kriminalitas di negara ini bisa dibilang salah satu yang paling kecil di seluruh dunia.

6. Sementara Andorra punya pasukan kecil yang bersifat sukarela. Yah secara teknis sih mereka tetap nggak punya tentara



Andorra adalah negara kecil yang tak memiliki tentara. Perkara keamanan, mereka menyerahkannya kepada pihak kepolisian dan perkara pertahanan negara, Andorra punya perjanjian militer dengan Spanyol dan Prancis sehingga kedua negara tersebut akan siap melindungi Andorra kapan pun mereka diserang. Nah yang unik, Andorra ternyata punya satu pasukan kecil yang sifatnya sukarela. Meski begitu, pasukan ini biasanya cuma digunakan untuk upacara negara doang.

7. Nah kamu kenal Vatikan ‘kan? Negara terkecil dunia ini tak punya tentara dan cuma mengandalkan Gendarmerie Corps sebagai petugas keamanan



Kalau yang satu ini kamu pasti tahu. Vatican adalah negara terkecil di dunia yang ternyata juga nggak punya tentara. Untuk urusan keamanan mereka memang punya pasukan Gendarmerie Corps. Namun untuk urusan pertahanan negara dari gempuran musuh, mereka nggak punya tentara dan mengandalkan kekuatan militer Italia. Yah maklum sih. Vatican adalah kota suci umat Kristiani. Siapa juga yang berani nyerang.

Meski tak punya tentara, namun negara-negara tersebut memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi. Di tengah situasi dunia yang sangat tegang dan terancam perang, hidup di 7 negara tersebut sepertinya jauh lebih aman dan menyenangkan.

Lihat Juga: MA BELUM TEMUKAN PELANGGARAN HAKIM KASUS AHOK YANG DAPAT PROMOSI

No comments