Hari Spesial Ahok dan Kejutan Indah di Ultah ke-51

Share:
Capsa Susun
Buletin365.com, Jakarta - Sejumlah selebritas, tokoh masyarakat, dan warganet, melantunkan doa dan ucapan selamat ulang tahun untuk mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.



Mereka melantunkan doa dan ucapan selamat ulang tahun untuk Ahok melalui sebuah video yang diunggah di Youtube dengan judul HAPPY BIRTHDAY PAK AHOK!

Yup, hari ini, 29 Juni 2017, pria kelahiran Manggar, Belitung Timur, 66 tahun lalu itu genap berusia 51 tahun. Ucapan selamat ulang tahun pun mulai memenuhi media sosial.

Satu per satu tokoh masyarakat dan selebritas itu menyampaikan ucapan selamat ulang tahun berikut doa dan harapan untuk Ahok dalam video berdurasi 24 menit 36 detik.

"Bapak Basuki, Pak Ahok selamat ulang tahun," kata Wilmar Witoelar mengawali ucapan beruntun pada video tersebut.

Selain Wimar, penyanyi Giring Nidji, Glenn Fredly, Once, Addie MS, hingga Luna Maya turut menyampaikan ucapan selamat ke Ahok.

Sementara itu, terkait ulang tahun Ahok, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengaku ingin mendoakan mantan rekan kerjanya itu secara langsung.

Ia pun berniat menemui Ahok yang tengah ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Berita Bermanfaat dan Menghibur Lainnya


"Buat Pak Ahok, saya akan ketemu langsung dengan beliau," ujar Djarot di Balai Kota Jakarta, Rabu 21 Juni pekan lalu.

Djarot berdoa agar Ahok terus diberikan kesabaran dan berharap terus sabar meski menghadapi berbagai ujian. "Saya ucapkan selamat ulang tahun, sabar, tawakal, tetap teguh pada prinsip untuk menghadapi berbagai macam ujian," ujar Djarot.

Selain itu, sejumlah pendukung setia Ahok juga sudah mempersiapkan perayaan ulang tahun. Seperti akun Instagram bernama @ahok_kami yang mengajak pendukung Ahok untuk mengirimkan surat, kartu, atau kado guna memeriahkan hari ulang tahun mantan Bupati Belitung Timur tersebut.

Jadi Trending Topic



Media sosial pun ramai dengan hastag HBDAhok51 atau #HBDAhok51. Bahkan, musikus kondang Addie MS pun menuliskan kenangannya bersama Ahok dalam akun twitternya @addiems.

"Kenangan brsm Ahok di panggung Najwa. Ga sadar suruh dia pegang mic. Bukannya marah, malah ajak wefie. HAPPY BIRTHDAY, Pak Ahok! #HBDAhok" tulis Addie MS.

Postingan Addie MS ini pun disukai 493 netizen dan diretwit sebanyak 236 kali.

Selain itu, blogger dengan nama @ndorokakung pun ikut meramaikan #HBDAhok51. Dengan mengunggah foto Ahok menopang dagu dan tersenyum lebar, ndorokakung seolah memberikan pengumuman:

"Basuki T Purnama berulang tahun dan #HBDAhok51 jadi TT (trending topic)," tulis ndorokakung dalam akun twitternya.

Postingan ini disukai 35 orang dan di-retweet sebanyak 60 kali.

Para netizen pun mendoakan Ahok agar selalu sehat dan bahagia. Bahkan, ada pula yang menganggap Ahok sebagai pahlawan mereka.

Seperti ditulis oleh akun twitter @sofia_syahreza

"he is my hero! Be strong as I am waiting for you to come back!! Happy Birthday pak @basuki_btp Ahok!! #hbdahok51 #ahok#ahokers"

Kemudian, akun twitter @RHasfinanda juga mendoakan yang terbaik untuk Ahok.

"Happy b'day Pak @basuki_btp you are the definition of a true leader! All the best Pak! #HBDAhok51 #TetapAhok"

Namun yang menarik dalam jagad media sosial ini, foto masa kecil mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun bertebaran.

Kejutan Indah di Ultah Ke-51



Keluarga Ahok pun berencana menjenguknya di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

"(Rencana menjenguk Ahok) ada, dari keluarga ada, dari tim pembuatan buku juga ada, itu saja," ujar Pengacara Ahok, I Wayan Sudirta, kepada Buletin365.com, Kamis, 29 Juni 2017.

Keluarga dan tim pembuatan buku, ia mengaku, akan mengunjungi Ahok hari ini. Namun belum diketahui persis waktu kunjungannya.

Wayan mengatakan, Ahok akan mendapat kejutan dari tim pembuatan buku. Sebab, kliennya tidak tahu kalau dibuatkan buku.

"Buku ini dia (Ahok) enggak tahu, tidak ada dana dari Pak Ahok. Ini swadaya dari pendukung, simpatisan, dan tim pengacara," kata dia.

"Buku ditulis oleh para penulisnya berdasarkan komunikasi, pengamatan, analisa tentang siapa Pak Ahok," dia melanjutkan.

Wayan menyebutkan, tidak ada permintaan khusus dari Ahok pada hari ulang tahunnya. Kliennya hanya berpesan agar tidak lagi ada gesekan di masyarakat dan demo-demo besar.

"Pak Ahok bukan orang yang seperti itu. Dia baru ada permintaan itu jika untuk kepentingan rakyat, seperti jangan sampai ada gesekan di masyarakat, jangan sampai demo ini membesar, dan lain-lain. Dia bukan orang yang cengeng," tutur dia.

Tak lupa, Wayan pun mengucapkan selamat ulang tahun untuk Ahok. Ia memberikan untaian doa untuk mantan Bupati Belitung Timur itu.

"Selamat ulang tahun Pak Ahok, semoga tabah menjalani, karena kebenaran itu tidak bisa ditutupi. Kebenaran akan menang pada waktunya. Semoga Pak Ahok tabah menjalani," ucap dia.

Menurut Wayan, Tuhan memberikan cobaan kepada Ahok dengan cara seperti ini. Karena itu, ia mengimbau kepada kliennya agar bersabar menjalani hukuman kasus penistaan agama.

"Jalani dengan legowo, dan dia (Ahok) menjalani dengan baik. Hingga nanti masyarakat nanti secara jernih dapat menerima sosok Pak Ahok, rakyat akan menaruh simpati kepadanya, biar waktu yang akan mengungkap semuanya," Wayan menandaskan.

Tumpeng Khusus



Pantauan Buletin365.com, simpatisan Ahok mulai berdatangan ke Rutan Mako Brimob Kelapa Dua Depok sejak Kamis pagi. Mereka berasal dari berbagai daerah.

Vivi Evalia, misalnya. Wanita berambut lurus itu tidak mau ketinggalan memeriahkan ulang tahun mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Bersama ketiga temannya dia membawakan sejumlah bingkisan.

"Kami bawa lukisan berwajah Ahok, kemudian surat, dan album foto teman-teman," ucap wanita yang tergabung dalam Barisan Relawan Jokowi Presiden ini.

Tidak hanya Evalia, simpatisan lainnya, Ferry Hendarto juga berencana memberikan kado untuk suami dari Veronica Tan tersebut. Isinya berupa buku berjudul "The Mindset of 100 Succesfull Billionaires."

"Kami datang dadakan mau kasih kejutan buat Ahok. Kebetulan hari ini beliau berulang tahun ke-51," ujar dia.

Selain itu, ada juga dua nasi tumpeng berukuran sedang. Tumpeng itu disiapkan secara khusus. "Satu untuk Pak Ahok dan keluarga. Sementara satu lagi untuk tim penjaga," tambah dia.

Dia berharap, Ahok tetap semangat dalam menjalani cobaan ini. Sebab, simpatisan akan selalu setia. "Itu harapan kami," tegas dia.

Namun begitu, mereka tidak diperkenankan masuk ke Mako Brimob, Depok, tempat Ahok menjalani masa hukuman. Ini lantaran pada saat kedatangan mereka bukan saat jam besuk.

"Jadi hari ini tidak boleh. Kecuali memang yang sudah dijadwalkan," ucap seorang petugas jaga kepada Buletin365.com, Jakarta, Kamis, 29 Juni 2017.

Ia menambahkan, ada waktu tertentu yang bisa dijadikan sebagai hari kunjungan yakni, sebanyak dua kali dalam sepekan. "Jadwal besuk tahanan jatuh pada Selasa dan Jumat," imbuh dia.

Meski tidak dizinkan masuk, petugas jaga memastikan kado tersebut tetap akan diserahkan langsung kepada mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Kami akan kumpulkan dulu di sini. Nanti setelah sudah terkumpul semua baru kami serahkan ke atas (ke Ahok)," singkat petugas tersebut.

Ultah Ahok di Kalijodo



Sementara itu, sebagian warga Ibu Kota mendatangi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo untuk merayakan ulang tahun Ahok yang ke-51.

Pantauan Buletin365.com, Kamis, 29 Juni 2017, taman di Kalijodo seolah berubah menjadi area pesta. Di tiap-tiap tiang panitia perayaan ulang tahun Ahok memberikan balon berwarna merah dan putih. Panitia juga terlihat menyediakan tumpeng dan kue ulang tahun.

Sebagian warga juga menjadikan momen ulang tahun ini untuk menjual berbagai macam aksesoris, seperti kaos bergambar wajah mantan Bupati Belitung Timur itu.

Ada juga yang menjual buku yang berisi wawancara dengan Ahok, keluarga dan para sahabat. Dalam pesta yang sederhana ini, rencananya akan ada pula festival kue oleh warga sekitar dan foto box.

"Pak Ahok boleh dipenjara, tapi jiwa dan raganya ada di hati kita," kata panitia melalui pengeras suara.

Selain merayakan ulang tahun Ahok, relawan juga turut merayakan hari ulang tahun Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang ke-56. Rencananya, perayaan yang akan berlangsung hingga pukul 21.00 WIB ini, para relawan akan melakukan aksi menyalakan lilin.

"Hari ini ada lilin. Secara kebetulan, ulang tahun Pak Jokowi dan Pak Ahok jatuh di bulan Juni dan beliau itu negarawan yang membangun negeri," kata Ketua Silent Majority Rebecca Siregardia di lokasi, Kamis, 29 Juni 2017.

Selain itu, Rebecca menjelaskan apa yang dilakukan para relawan merupakan wujud kepedulian terhadap Ahok, meski kini berada di Rutan Mako Brimo Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

"Pak Ahok sudah dijatuhkan hukuman, tapi konsekuensi perjuangan, itu yang beliau terima. Kita menuju Indonesia hebat ke depan, tapi kita boleh dong peduli dengan mereka," kata dia.

No comments