Xbox One X vs PS4 Pro, Konsol Mana yang Layak Kamu Beli?

Share:
Capsa Susun

Buletin365.com, Jakarta - Konsol terbaru Microsoft dengan kode nama Project Scorpio akhirnya diungkap nama resminya, Xbox One X.

Konsol ini diperlihatkan untuk pertama kali, sehari sebelum ajang Electronic Entertainment Expo (E3) 2017 pada Minggu (12/6/2017), pukul 14.00 waktu setempat.

Meski spesifikasi utama konsol Xbox One X ini sudah terungkap dua bulan lalu, Microsoft akhirnya mengungkap lebih detail konsol pembaruan Xbox One ini.

Salah satu fitur kunci yang di gadang-ganda Microsoft pada acara peluncuran Xbox One X tersebut adalah kompatibilitas gim. Ternyata, gim-gim di Xbox 360 dan Xbox One bisa juga dimainkan di Xbox One X.

Hanya saja, judul gim yang 'dioptimalkan untuk X' akan tampil lebih detail berkat hardware konsol yang mampu menghadirkan resolusi 4K. Demikian yang dikutip dari laman Cnet, Senin (12/7/2017).

Namun, ini bukan konsol gim pertama yang mendukung resolusi gambar 4K untuk gameplay. Tahun lalu, Sony sudah meluncurkan seri pembaruan PlayStation 4 (PS4), PS4 Pro.


Hadir dengan kemampuan prosesor 6 teraflops berkecepatan 1172MHz, GDDR5 12GB, dan memori bandwidth 32GB, apakah Xbox One X mampu memenangkan hati gamer di seluruh dunia ketimbang PS4 Pro?

Xbox One X
CPU - 8 inti x86 berkecepatan 2.3GHz
GPU - AMD 6 teraflops
RAM - 12GB GDDR5
Storage - 1TB
Dimensi - 11.8 x 9.4 x 2.4 inci, konsol Xbox terkecil yang pernah dibuat
Berat - 3.8 Kg
Warna - Hitam
Optical Drive - 4K/HDR Blu-ray
Dukungan 4K - Ya
Dukungan HDR - Ya
Harga - US$499

PS4 Pro
CPU - 2.1GHz 8-core AMD "Jaguar"
GPU - AMD Polaris 4.2 teraflops
RAM - 8GB GDDR5
Storage - 1TB
Dimensi - 12.8 x 11.6 x 2.1 inches
Berat - 3.2 Kg
Warna - Hitam
Optical Drive - Blu-ray/DVD
Dukungan 4K - Ya
Dukungan HDR - Ya
Harga - US$399

Di atas kertas, spesifikasi hardware Xbox One X memang lebih unggul ketimbang PS4 Pro. Namun, kemampuan hardware hanya satu bagian kisah kesuksesan saat konsol ini di pasaran.

Tanpa judul gim yang bisa mengoptimalkan kemampuan hardware, tak ayal nasib Xbox One X akan berakhir seperti Xbox One atau lebih buruk lagi seperti Wii U yang sepi judul gim menarik.


Diungkap oleh Phil Spencer, salah satu petinggi Xbox, gim-gim Xbox One dan Xbox 360 dapat dimainkan juga di Xbox One X. Ini berarti Microsoft masih belum memiliki daftar gim yang akan mengoptimalkan hardware Xbox One X.

Di sisi lain, Sony sudah siap menyuplai PS4 Pro dengan beragam judul gim eksklusif untuk saat ini hingga ke depannya.

Berhubung peluncuran Xbox One X pada 7 November 2017 masih jauh, tak menutup kemungkinan Microsoft dan pengembang gim akan mengumumkan judul-judul gim yang akan memaksimalkan kemampuan hardware Xbox One X.

So, tertarik ingin membeli konsol Xbox One X atau PS4 Pro?

Berita Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

No comments