6 Kebiasaan yang Buat Anda Tampak Tidak Ramah dengan Orang Lain

Share:
Capsa Susun
Buletin365.com, Jakarta Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa ada sebagian orang yang sangat mudah mendapatkan teman di lingkungan barunya. Sementara, Anda telah bersikap baik, tetapi ada saja yang menganggap Anda sinis atau jutek. Sehingga hal tersebut menimbulkan sebuah kesalahpahaman. Mungkin ada beberapa kebiasaan yang Anda tidak sadari, yang dapat mengganggu cara Anda berkomunikasi dengan orang lain. Coba lihat apa saja seperti yang dilansir dari Bustle, Rabu (26/7/2017), berikut.



1. Menyilangkan Lengan

Hal sepele ini ternyata dapat mengubah penampilan ataupun pandangan orang lain terhadap Anda. Bila Anda kerap kali menyilangkan lengan saat berdiri, orang akan berpendapat bahwa Anda adalah orang yang angkuh. "Ingatlah bahwa sebelum seseorang berbicara dengan Anda, hal pertama yang mereka perhatikan adalah bahasa tubuh," jelas terapis Yolanda Rambert.

2. Sibuk Bermain Ponsel

Sudah tidak perlu diragukan lagi, Anda cenderung menggunakan ponsel Anda ketika merasa bosan, cemas, gugup, ataupun saat bersama orang lain. Bila hal ini sering Anda lakukan di berbagai situasi, akan membuat Anda terlihat seperti antisosial. Orang di sekitar Anda mungkin akan berpikir Anda tidak nyaman dengan mereka. Sebaiknya, simpan ponsel dan cobalah untuk bercengkerama dengan rekan kerja.

3. Ucapan yang Menghakimi

Mengatakan hal yang menghakimi atau sinis biasanya akan menyinggung perasaan lawan bicara Anda. Usahakan berpikir dahulu sebelum ingin mengungkapkan sesuatu, jika perlu ketahui dulu watak lawan bicara Anda. Kadang terlalu jujur dengan perasaan Anda juga bisa membuat lawan bicara Anda merasa tersinggung.

4. Membalas Pesan Terlalu Singkat

Saat pekerjaan sedang menumpuk dan terlihat sangat sibuk, tidak jarang Anda membalas e-mail klien atau rekan kerja secara singkat. Namun, jangan sering melakukan kebiasaan buruk ini. Dalam balasan singkat, bisa saja orang yang membacanya berpikir Anda tidak tertarik dengan topik yang sedang dibahas. Tidak ada salahnya, Anda sedikit berbasa-basi saat sedang membalas e-mail.

5. Tidak Melakukan Kontak Mata

Tidak semua orang berani melakukan kontak mata dengan lawan bicaranya, bisa saja malu atau tidak terbiasa. Namun, hal ini juga perlu diperhatikan bila sedang melakukan perbincangan dengan teman. Kontak mata yang dilakukan memiliki arti bahwa Anda sedang memperhatikan atau mendengar apa yang mereka sedang katakan. Bila susah untuk dilakukan, cobalah untuk melatih diri sendiri berbicara di depan kaca.

6. Tidak Menyapa

Seberapa sering Anda bertemu teman sekantor Anda di jalan dan mengabaikannya? Kerap kali kita terburu-buru ataupun sengaja tidak ingin menyapa mereka. Hindarilah kebiasaan buruk ini, Anda bukannya terlihat ramah tetapi terlihat sombong dan angkuh. Bila Anda sedang tidak mood berbicara, cobalah berikan senyuman saat bertemu dengan teman.

Berita Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

No comments