Bandar Sakong Capsa Susun

Wednesday, July 12, 2017

Jokowi Minta Koperasi Besar agar Dapat Jadi Contoh

Buletin365.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri peringatan Hari Koperasi Nasional di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan. Jokowi berpesan, agar keberhasilan koperasi besar dapat menjadi contoh bagi koperasi kecil.



"Saya titip kepada Menteri Koperasi kepada Ketua Dekopin, contoh-contoh seperti yang harus kita replikasi, kita fotokopi, kita kopi kepada koperasi-koperasi yang lain bagaimana mereka bisa mencapai omzet yang tinggi seperti itu, mencapai perputaran uang yang tinggi seperti itu," kata Jokowi, seperti ditulis Kamis (13/7/2017).

Keberhasilan koperasi bukan hal mustahil. Hal ini dibuktikan oleh KUD Denbatas di Tabanan, Koperasi Kredit Credit Union Mandiri, Koperasi Kospin Jasa. Mereka berhasil memutarkan uang antara Rp 5-18 triliun.

"Ajak koperasi koperasi yang lain untuk melihat contoh-contoh yang sudah betul, contoh-contoh yang sudah besar, koperasi-koperasi dengan perputaran uang yang triliun," ujar dia.

Saat ini, peran koperasi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 3,9 persen. Meski angka ini cukup baik dibanding 2,5 tahun lalu, angka ini masih jauh di bawah negara tetangga.

Koperasi di Prancis tercatat berperan menyumbang 18 persen terhadap ekonomi, Belanda 18 persen, Selandia Baru 20 persen. Jumlah ini jauh lebih tinggi dibanding Indonesia saat ini.

"Padahal kita setiap tahun selalu berteriak untuk menggerakkan koperasi sebagai soko guru perekonomian negara kita," ucap Jokowi.

Pemerintah sudah memberikan kesempatan bagi koperasi untuk menyalurkan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dulu bunga KUR mencapai 22 persen, dengan subsidi pemerintah turun menjadi 9 persen dan diharapkan menjadi 7 persen tahun depan.

Jokowi percaya koperasi bisa menjalankan peran dengan baik. Koperasi tidak boleh kalah dengan korporasi dan perusahaan swasta dalam mengelola keuangan.

"Oleh sebab itu pada hari Koperasi ke 70 ini di tahun 2017, saya ingin mengajak kepada seluruh pelaku koperasi Indonesia untuk meneguhkan, untuk menggelorakan kembali semangat gerakan koperasi, semangat reformasi koperasi," ucap Jokowi.

Berita Bermanfaat dan Menghibur Lainnya