Bandar Sakong Capsa Susun

Monday, August 21, 2017

Ingin Miliki Berat Badan Ideal, Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Tidur


Buletin365, Jakarta Terdapat cara mudah mengurangi berat badan, salah satunya dengan kebiasaan tidur. Berdasarkan penelitian para ahli kebiasaan Anda saat tidur dapat mempengaruhi berat badan. Seperti tidur telanjang, menghirup aroma anggur, atau makan makanan ringan sebelum tidur dapat membakar lemak berlebih pada saat Anda tidur.

Bagi Anda yang penasaran dengan cara mengurangi berat badan dengan tidur ini, berikut enam kebiasaan saat tidur yang bantu Anda mendapatkan tubuh yang langsing, seperti yang dilansir dari situs Today, Selasa (22/8/2017).


1. Tidur telanjang

Tidur tanpa busana apapun dapat membantu mempercepat penurunan berat badan. Suhu udara memaksa tubuh Anda membakar kalori lebih banyak. Saat tubuh kedinginan di malam hari, tubuh akan memanfaatkan lemak untuk memanaskan tubuh. Proses ini juga sejalan dengan metabolisme tubuh yang meningkat sehingga membakar lemak berlebih di malam hari.

2. Camilan

Mengonsumsi camilan sebelum tidur ternyata dapat mendukung program diet Anda. Hal ini tentu menjadi pertanyaan, karena selama ini Anda percaya bahwa makan di malam hari dapat menambah berat badan.

Seperti yang diungkapkan Dr. Michelle Braude ahli diet, bahwa menghindari makanan sebelum tidur akan menghambat tujuan Anda menurunkan berat badan.

Michelle menyarankan untuk tetap mengonsumsi cemilan di malam hari, namun dengan tetap memperhatikan ketentuan yaitu jenis makanan yang kurang dari 300 kalori dan menghindari junkfood.

Anda dapat mengonsumsi yoghurt dengan buah, biskuit gandum, sereal dengan susu, roti panggang isi selai kacang, dan makanan ringan lainnya untuk memastikan Anda tidur pulas tanpa menambah berat badan.


3. Olahraga ringan sebelum tidur

Melakukan olahraga ringan secara rutin sebelum tidur dapat meningkatkan metabolisme tubuh, bahkan saat Anda telah berbaring di tempat tidur. Sebuah jurnal tentang Sport Nutrition menemukan bahwa proses metabolisme tubuh berlangsung rata-rata 16 jam setelah olahraga. Sehingga saat Anda olahraga sebelum tidur tubuh Anda membakar lemak saat Anda beristirahat. Namun pastikan Anda tidak melakukan olahraga yang berat karena dapat mengganggu tidur disebabkan denyut jantung yang tinggi.

4. Jus anggur

Seperti yang diungkapkan pada penelitian di Washington State University, bahwa zat yang disebut resveratrol, yang ditemukan dalam anggur, blueberry, stroberi dan apel, dapat membantu mengubah lemak buruk menjadi baik. Profesor dalam penelitian ini, Min Du menjelaskan bahwa resveratrol mengubah "lemak putih" ke "lemak cokelat", sehingga mempermudah metabolisme tubuh. Hal inilah mengapa mengonsumsi jus anggur sebelum tidur dapat mengurangi berat badan Anda.

5. Tidur di ruangan yang gelap

Berdasarkan studi University of Oxford menemukan bahwa wanita yang tidur di ruangan gelap 20 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menjadi gemuk daripada wanita yang tidur di kamar yang terang. Hal ini karena cahaya dapat mengurangi produksi melatonin, yang mengganggu kualitas tidur. Sehingga Anda dapat tidur lebih nyenyak dan membuat metabolisme tubuh Anda bekerja dengan baik saat Anda terlelap.

Lihat juga Berita Lainnya: