Bandar Sakong Capsa Susun

Monday, August 7, 2017

Susah Tidur, Atasi dengan Enam Hal Ini

Buletin365, Jakarta Menurut sejumlah hasil studi yang dipublikasikan situs kesehatan ternama Amerika WebMD, kurang tidur memicu banyak bahaya. Mulai dari performa seksual yang menurun, hingga kematian.


Tak pelak lagi, kantong berpotensi terguncang bila risiko tersebut terjadi. Jika pun memiliki jaminan asuransi, tetap ada pengorbanan baik materi maupun lainnya, seperti waktu dan tenaga. Tentunya kita tak mau jadi korban selanjutnya.
Makanya, masalah susah tidur mesti cepat-cepat diatasi. Sebagai referensi, berikut DuitPintar.com menyajikan tips mengatasi insomnia alias susah tidur. Yuk, simak bersama-sama.

1. Jauhi stres
Stres mematikan, tapi tak jelas terlihat. Orang yang kelihatannya santai bisa saja menyimpan beban di pundaknya yang berujung stres. Salah satu gejala stres adalah tidak bisa tidur nyenyak.
Kita hidup hanya sekali. Tak ada gunanya bergumul dengan stres. Bicarakan masalah dengan orang lain untuk dicari solusinya. Bukan malah menyimpannya, karena sewaktu-waktu bisa meledak.

2. Menonton film yang membosankan
Mungkin film yang membosankan sengaja dibuat untuk membantu kita yang susah tidur. Sebab, orang cenderung tidur ketika menonton film yang tidak menarik karena saking bosannya. Buat saja folder berjudul “Film Pengantar Tidur” di hard drive. Begitu susah tidur, langsung tonton salah satunya sambil memeluk guling.

3. Baca buku
Orang jadi mengantuk ketika baca buku bukan karena bukunya tidak bagus. Namun, karena mata pasti lelah saat dipakai untuk membaca. Pada saat itulah muncul dorongan untuk tidur

nyenyak.
Makanya, beberapa orang punya kebiasaan baca buku sebelum tidur. Selain menambah pengetahuan, baca buku bermanfaat untuk orang-orang yang susah tidur.

4. Pasang musik yang rileks menjelang tidur
Coba pasang musik yang rileks untuk pengantar tidur. Musik klasik bisa jadi pilihan, atau instrumental. Namun, jangan salah, ada juga orang yang malah bisa tidur saat mendengarkan musik metal. Semua bisa disesuaikan dengan selera saja.

5. Olahraga
Orang kalau capek biasanya melakukan apa? Yak betul, tidur. Jadi, ketimbang frustrasi mata merem tapi tidak tidur-tidur, bisa coba berolahraga. Tak perlu lari maraton atau ikutan mixed martial art, ya.
Cukup stretching dan olahraga ringan seperti angkat beban, sit-up, dan push-up saja. Ini terutama penting untuk mereka yang jarang berolahraga. Badan sehat, dompet pun selamat.

6. Ke terapis atau dokter
Bila susah tidur kronis, saatnya pergi ke terapis atau dokter. Misalnya, sudah mencoba berbagai macam cara tapi mata tetap susah diajak kompromi, segera cari “orang pintar”.
Mungkin ada godaan pakai obat tidur. Namun, sebaiknya jangan dituruti. Pertama, keluar uang untuk barang yang belum tentu aman bagi kesehatan. Kedua, obat itu bisa menimbulkan ketagihan.

Bisa-bisa seumur hidup tergantung kepada obat tidur. Lebih baik temui dokter atau terapis dan ikuti nasihatnya agar tidak susah tidur lagi. Namun, pastikan dokter yang ditemui adalah yang berkualitas, bukan asal pilih.
Susah tidur sepertinya memang sepele, tapi ujungnya bisa membuat dompet berantakan. Segera atasi sedari dini agar rencana keuangan tak terganggu akibat masalah kesehatan.

Lihat juga Berita Lainnya:

Bandar Sakong