Trik Hemat Keuangan bagi Mahasiswa

Share:
Capsa Susun

Buletin365, Jakarta - Memasuki dunia kuliah atau perguruan tinggi menandakan Anda semakin dewasa. Mereka sudah bisa mengatur kehidupannya sendiri dan bisa diberi tanggung jawab akan dirinya sendiri.

Tak heran bila memasuki dunia perkuliahan atau perguruan tinggi sebagian besar dari mereka sudah mau memisahkan diri dengan keluarganya atau merantau untuk menempuh perguruan tinggi di kota atau negara lain.

Permasalahan biaya selalu menjadi masalah bagi mereka yang merantau ke kota atau negara lain untuk menempuh pendidikan. Pergi ke perguruan tinggi mahal bahkan setelah uang sekolah dibayar.

Berikut adalah cara yang dapat membantu mahasiswa mengurangi biaya yang tidak perlu dan mengambil langkah lebih hemat biaya untuk mendanai apa yang mereka butuhkan untuk membuat hidup nyaman, menghibur, dan punya lingkungan belajar yang baik, seperti dikutip dari laman the balance:

1. Pembelian Buku

Setelah biaya masuk perguruan tinggi, uang kost, dan makan,pengeluaran selanjutnya para mahasiswa biasanya adalah membeli buku. Biasanya  para mahasiswa keran mengeluh karena harganya yang tidak murah. Anda bisa menghemat pembelian buku pelengkap yang bekas atau beli secara online agar mendapatkan harga lebih murah daripada di toko buku. Atau jika Anda mau lebih hemat, Anda bisa mencari buku online (e-book) yang bisa di download gratis.

2. Pakaian

Pasti sebagai mahasiswa ingin terlihat modis dan keren di kampus bukan? Hal ini yang menyebabkan kebanyakan mahasiswa memiliki perilaku hedonisme demi menunjang penampilannya. Anda dapat menyiasati agar tidak boros lagi dalam menunjang penampilan.

Anda dapat menyiasati dengan menggunakan aksesoris dan memadupadankan pakaian lama Anda dengan aksesoris agar penampilan Anda tidak tetap keren dan modis. Atau jika ingin membeli pakaian baru, cobalah cek di tempat- tempat yang sedang mengadakan diskon besar agar lebih menghemat pengeluaran saat membeli pakaian.

3. Tempat tinggal 

Tidak semua mahasiswa sebuah universitas berasal dari daerah tersebut. Selain itu, tak jarang dekat antara rumah dengan universitas. Ini sebabnya banyak sekali di sekitar universitas terdapat tempat tinggal yang disewakan atau dijadikan kost.

Harga yang ditawarkan pun berbeda- beda. Semakin dekat lokasi tempat tinggal dengan kost maka semakin mahal pula harga yang di tawarkan. Untuk menghemat biaya tempat tinggal, Anda bisa mencari kost atau rumah kontrakan yang sedikit lebih jauh, agar biaya sewanya lebih murah. Tidak ada salahnya untuk Anda menghemat sekaligus berolahraga dengan berjalan kaki ke tempat kuliah Anda.

4. Gaya hidup 

Ini adalah salah satu hal yang tidak bisa dihindari oleh para mahasiswa. Apalagi, ketika sudah bertemu dengan banyak teman dari beragam latar belakang yang berbeda. Anda harus pintar- pintar menahan diri dan memilih teman agar tidak terpengaruh gaya hidup teman Anda yang mungkin saja lebih boros dari Anda.

5. Transportasi

Gunakan sistem transportasi publik jika memungkinkan. Kemudian cek apakah ada diskon untuk mahasiswa. Selain itu, Anda juga nebeng bersama teman yang dekat rumah dan kost. Anda bisa barter dengan bayar bensin. Kemudian beli tiket transportasi misalkan tiket kereta yang dapat digunakan secara berulang-ulang.

Lihat juga Berita Lainnya:

No comments