Ini 20 Negara Terindah di Dunia, Indonesia Jadi Salah Satunya

Share:
Capsa Susun

Buletin365, Edinburgh - Rough Guide telah mengumumkan 20 negara paling indah di dunia. Hasil tersebut diperoleh dari jajak pendapat para pembaca Rough Guide.

Negara yang masuk ke dalam Britania Raya, Skotlandia, menduduki posisi teratas. Sementara itu negara yang dikenal akan keramahan penduduknya, Kanada, berada di posisi kedua.

Pemandangan alam nan indah menjadikan negara yang beribu kota di Edinburgh itu menduduki peringkat teratas.

"Siapa yang dapat menolak pantai-pantai yang liar, teluk dalam, dan kastil-kastil kuno untuk menjadi pemandangan paling menakjubkan dan indah di dunia," tulis Rough Guide.

Sementara itu, negara tetangganya, Inggris, menduduki posisi ke tujuh dan Wales berada di posisi 10.

Kepala Eksekutif VisitScotland, Malcolm Roughead, meyakini bahwa gelar tersebut akan membuat Skotlandia makin dikenal.

"Kami sangat senang bahwa Skotlandia telah menerima penghargaan yang luar biasa dari pembaca Rough Guide, tapi tentu saja itu tidak akan menjadi kejutan bagi siapa pun yang pernah berkunjung ke negara kita yang indah," ujar Roughead seperti dikutip dari Independent, Senin (4/9/2017).

"Dari pemandangan indah ke tempat-tempat bersejarah yang menakjubkan, hingga ke pusat kota yang ramai namun indah, Skotlandia membuat orang-orang terkesima," ujarnya.

"Kampanye terbaru kami, Spirit of Scotland, didasarkan pada pengalaman para pengunjung yang mendapatkan perasan spesial ketika berada di Skotlandia...selalu ada hal berbeda tentang Skotlandia yang tak dapat mereka rasakan di tempat mana pun di dunia."

"Tentu saja, pemandangan yang indah diikuti dengan tanggung jawab besar, dan kami mendorong baik para pengunjung dan warganya untuk menghargai aset alam Skotlandia dengan melindungi dan merawatnya untuk generasi mendatang," tutur Roughead.

Berikut 20 negara terindah versi Rough Guide:

1. Skotlandia
2. Kanada
3. Selandia Baru
4. Italia
5. Afrika Selatan
6. Indonesia
7. Inggris
8. Islandia
9. Amerika Serikat
10. Wales
11. Slovenia
12. Meksiko
13. India
14. Finlandia
15. Swiss
16. Peru
17. Norwegia
18. Irlandia
19. Kroasia
20. Vietnam

Negara Paling Bahagia

Menurut World Happiness Report 2017 yang dikeluarkan PBB, Norwegia menjadi negara paling bahagia di dunia. Kongeriket Norge (Noreg) menggeser posisi Denmark yang jadi juara tahun lalu.

Ranking lima besar didominasi negara-negara Skandinavia, selain Norwegia ada Denmark, Islandia, Swiss, dan Finlandia.

Sementara, Republik Afrika Tengah ada di posisi buncit. Eropa Barat dan Amerika Utara juga masih ada di posisi atas. Amerika Serikat ada di urutan ke-14, sementara Inggris pada posisi ke-19.

Negara-negara di Afrika Sub-Sahara, yang didera konflik, memiliki skor kebahagiaan yang kecil. Suriah ada di posisi 152 dari 155 negara. Yaman dan Sudan Selatan, yang menghadapi ancaman kelaparan ada di peringkat 146 dan 147.

World Happiness Report dirilis bertepatan dengan Hari Kebahagiaan Internasional yang diperingati setiap 20 Maret. Laporan tersebut berdasarkan pertanyaan singkat dan subjektif lebih dari 1.000 di setidaknya 150 negara.

Laporan tersebut juga mencoba menganalisis statistik untuk menjelaskan mengapa satu negara yang lebih bahagia daripada lainnya.

Sejumlah data, seperti kekuatan ekonomi yang diwakili PDB per kapita, dukungan sosial, angka harapan hidup, kebebasan memilih, kemurahan hati, dan persepsi korupsi juga dipertimbangkan.

World Happiness Report telah diterbitkan selama lima tahun terakhir. Sejak awal, negara-negara Nordik secara konsisten ada di tempat teratas.

Dominasi negara-negara Skandinavia itu, khususnya Denmark, diduga dipicu "Hygge" -- sebuah konsep budaya yang mengutamakan kenyamanan dan relaksasi.

Berikut 10 negara paling bahagia di dunia berdasarkan World Happiness Report 2017:

1. Norwegia
2. Denmark
3. Islandia
4. Swiss
5. Finlandia
6. Belanda
7. Kanada
8. Selandia Baru
9. Australia
10. Swedia

Lihat juga Berita Lainnya:

No comments