Bandar Sakong Capsa Susun

Friday, September 1, 2017

Lakukan Hal Ini Jika Ingin Anak Jadi Orang Sukses


Buletin365, Jakarta - Setiap orang tua pasti menginginkan kehidupan anaknya sukses dan sejahtera. Itu sebabnya, kebanyakan orang tua lebih memilih untuk mencurahkan semua kemampuan untuk mengembangkan kemampuan anak-anak dibanding mencurahkan perhatian untuk diri sendiri.

Berikut adalah beberapa strategi yang paling menarik dan berguna yang bisa Anda terapkan agar kehidupan anak bisa sukses ke depannya seperti dikutip dari Inc, Sabtu (2/9/2017):

1. Pelajari cara yang efektif untuk memuji

Berdasarkan dua penelitian yang melibatkan anak-anak usia sekolah, keduanya dipimpin oleh Carol Dweck, seorang profesor psikologi di Stanford University, memuji anak-anak harus ada batasannya.

Pujilah hanya untuk kemampuan bawaan mereka, seperti kecerdasan mereka. Jangan terlalu berlebihan memuji anak karena akan berakibat anak akan cepat puas dengan hasil kerja mereka sekalipun itu gagal.

Biasakan anak untuk berusaha lebih keras dalam mencapai apa yang mereka inginkan.

2. Biarkan anak bermain di juar

Penelitian ini diterapkan secara khusus untuk anak laki-laki, tapi juga bisa ditujukan bagi anak perempuan. Singkatnya, seharusnya orang tua akan menganjurkan anak-anak mereka untuk bermain bersama di luar rumah untuk mendapatkan pengalaman baru dan mengajarkan mereka bersosialisasi.

Sayangnya, hasil riset mengatakan bahwa kebanyakn orang tua lebih cenderung melakukan hal yang sebaliknya. Saat anak berada di sekolah, mereka terlalu protektif terhadap anak-anak, berusaha menjaga anak- anak agar mereka tetap aman dari semua bahaya fisik, dan pada akhirnya menghambat pertumbuhan akademis mereka, karena kurangnya aktivitas fisik membuat mereka sulit berkonsentrasi.

3. Kembangkan kecerdasan emosional

Untuk menjadi sukses, kita semua perlu mengembangkan hubungan yang hebat, dan untuk mengembangkan hubungan tersebut, kita memerlukan kecerdasan emosional yang memadai.

Hal terpenting yang bisa dilakukan orang tua untuk mendorong perkembangan ini adalah bertindak sebagai mentor yang meniru perilaku baik dalam cinta dan kemitraan mereka sendiri.

4. Jangan menjadi pengatur

Biarkan anak mencoba hal baru. Bila terjadi kegagalan, biarkan mereka merasakannya dan membangkitkan diri mereka sendiri. Hal ini membuat anak Anda menjadi lebih mandiri dan bisa menyelesaikan permasalahan sendiri.

5. Buat anak melakukan pekerjaan rumah

Satu ciri umum orang dewasa yang sukses adalah mereka harus melakukan pekerjaan rumah tangga sejak berusia anak-anak.

6. Ajarkan anak untuk menjadi tangguh

Mengajar anak-anak untuk bertahan menghadapi tantangan menjadi salah satu cara menuju kesuksesan. Ajari juga untuk mengucapkan rasa syukur setiap hari. (Fransiska Wahyuning)

Lihat juga Berita Lainnya: