Bandar Sakong Capsa Susun

Saturday, September 2, 2017

Studi: Main Video Game Saat Kerja Tambah Produktivitas


Buletin365, Jakarta - Saat ini video game telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Karena banyak munculnya permainan di aplikasi dan mudah diakses sehingga, masyarakat dengan mudah memiliki permainan tersebut.

Namun terkadang, permainan biasanya dilihat sebagai gangguan atau pengganggu bagi masyarakat, karena terkadang sifatnya yang membuat  "kecanduan".  Akan tetapi ternyata, menurut sebuah artikel terbaru dari Human Factors and Ergonomics Society, bermain video game dapat membantu Anda mengatasi stres.

Sebab, stres memiliki peran penting dalam produktivitas, terutama dalam peran yang sangat kritis saat  kesalahan sekecil apa pun dapat menyebabkan konsekuensi serius.

Dalam artikel tersebut, mahasiswa doktoral Universitas Florida Tengah Michael Rupp dan rekan penulisnya menggunakan tugas komputer untuk mendorong kelelahan mental pada 66 peserta.

Para peserta kemudian diberi waktu istirahat lima menit. Beberapa diinstruksikan untuk bermain video game kasual (Sushi Cat), beberapa berpartisipasi dalam kegiatan relaksasi terpandu, dan beberapa hanya duduk diam di ruang ujian tanpa telepon atau komputer.

Manfaat Lain

Para periset menemukan hanya mereka yang memainkan video game yang sebenarnya merasa lebih baik dan memiliki produktivitas tinggi. Pada dasarnya, mengambil langkah mundur dari tugas yang sulit dan melepaskan diri dengan beberapa menit permainan bisa membantu Anda keluar dari kejenuhan saat bekerja.

Manfaat lainnya, Eric Holtzclaw mengidentifikasi enam cara agar permainan video mempengaruhi otak Anda dan mendorong produktivitas, termasuk peningkatan motivasi, efisiensi, perasaan empati, dan peningkatan ingatan.

Studi juga menemukan permainan video dapat meningkatkan kemampuan visual, membantu aktivitas sehari-hari. Satu studi bahkan menemukan, ahli bedah yang bermain video game memiliki kinerja yang jauh lebih baik daripada rekan mereka yang tidak bermain. Studi lain menemukan bermain video game cepat dapat meningkatkan kemampuan belajar.

Permainan video bisa mengubah kinerja otak menjadi lebih baik, tapi juga bisa memperburuk keadaan. Meluangkan waktu beberapa menit untuk bermainan di antara tugas itu baik-baik saja, tapi jangan menganggap temuan ini sebagai alasan untuk pergi dalam pesta game sepanjang akhir pekan.

Lihat juga Berita Lainnya:

Bandar Sakong