Bandar Sakong Capsa Susun

Tuesday, September 5, 2017

Tak Selalu Buruk, Begadang Juga Punya Manfaat


Buletin365, Jakarta Jangan begadang. Ucapan itu mungkin sering sekali dilontarkan pada manusia-manusia malam yang tidak bisa tidur sebelum jam 1 pagi.

Bagi beberapa orang, waktu larut malam adalah saat-saat di mana mereka sedang kreatif-kreatifnya. Untungnya hal ini tidak selamanya buruk. Ada manfaat sehat mengejutkan di balik kebiasaan begadang Anda.

Namun perlu diingat, jika Anda tidur larut malam lalu bangun pagi-pagi sekali, hal ini bisa membatalkan manfaat sehat dari begadang. Manfaat ini baru bisa Anda dapatkan dengan tidur larut malam, lalu bangun di waktu yang lebih siang.

"Ada beberapa manfaat dari begadang, dan salah satunya tentu saja, membuat Anda lebih produktif dan kreatif," ujar Dr. Sharad Paul, melansir Bustle, Kamis (27/4/2017).

"Kemampuan untuk begadang dihubungkan dengan aktivitas adenosin di otak, dan ini adalah reseptor yang sama dengan yang ditargetkan kafein. Banyak studi telah menunjukkan, orang-orang dengan aktivitas adenosin yang berlebih secara alami lebih nyaman bekerja di malam hari (sambil begadang)."

Buat Anda yang terbiasa bangun sampai jam 2 dini hari, ketahui beberapa manfaat dari begadang:

1. Lebih cerdas


Orang yang sering begadang ada kemungkinan lebih cerdas. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences menemukan, anak-anak yang lebih cerdas biasanya jam tidurnya lebih malam. Mereka juga bangun siang baik di hari sekolah maupun akhir pekan.

Walaupun begadang tidak menjadikan Anda lebih pintar, namun jika jam tubuh Anda lebih produktif di malam hari, bisa jadi ini adalah penjelasan di baliknya.

2. Meningkatkan kekuatan

Memiliki kebiasaan begadang secara alami bahkan bisa memiliki manfaat bagi performa fisik Anda. Para peneliti dari University of Alberta menemukan, walau kekuatan orang-orang pagi hari itu konsisten sepanjang hari, para orang-orang malam menunjukkan puncak kekuatan mereka di malam hari.

Menurut Olle Lagerquist, Ph.D, salah satu penulis studi, hal ini bisa jadi karena adanya peningkatan motor cortex dan kekuatan tulang belakang di malam hari.

3. Kemampuan memberikan solusi kreatif


Ada alasan kenapa banyak orang menikmati bekerja di malam hari: hal ini lebih memancing kreativitas mereka.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences menemukan, pada pekerja malam ini lebih mungkin memberikan ide-ide yang kreatif dibanding mereka yang orang-orang pagi.

4. Meningkatkan kewaspadaan

Anda mungkin berpikir, begadang akan membuat Anda kesulitan fokus, namun selama Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup, hal ini justru akan meningkatkan kewaspadaan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Science menemukan, para pekerja malam secara umum bisa melampaui kemampuan para pekerja pagi dalam seberapa lama mereka bisa terjaga dan mentalnya waspada sebelum merasa lelah secara mental.

5. Lebih mungkin mengambil risiko

Hal ini bisa jadi sesuatu yang positif sekaligus negatif. Para peneliti dari University of Chicago menemukan, para pekerja malam cenderung adalah mereka yang berani mengambil risiko.

Ketika berhubungan dengan judi, hal ini bukanlah sesuatu yang baik. Namun jika berbicara bisnis atau memulai usaha baru, menjadi pekerja malam yang berani mengambil risiko bisa jadi berguna.

6. Pagi yang lebih tenang

Bangun siang memiliki kenikmatan tersendiri. Walaupun beberapa studi menunjukkan para pekerja malam cenderung memiliki kadar kortisol yang lebih tinggi secara umum, kortisol mereka lebih rendah di pagi hari dibanding orang-orang yang memang hobi bangun pagi.

Artinya, di pagi hari para pekerja malam ini merasa lebih santai dan tenang dibanding orang-orang pagi.

Lihat juga Berita Lainnya: