Selain Kunyah Pelan-Pelan, Ini Cara Mudah Sukses Diet

Share:
Capsa Susun

Buletin365, Jakarta Diet seringkali menjadi cara yang dipilih kebanyakan orang untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh ideal. Namun sayangnya, cara ini tak selalu berhasil.

Sebenarnya, ada kiat-kiat yang dapat dilakukan agar diet menjadi efektif dan memberikan hasil seperti yang diharapkan, seperti dikutip dari laman Step to Health, Sabtu (14/10/2017).

1. Kunyah makanan perlahan

Ternyata, peringatan jangan makan terburu-buru memang benar. Selain menghindari tersedak, mengunyah makanan dengan perlahan juga membantu perut lebih kenyang dan menimbulkan rasa puas sehingga Anda tidak cepat lapar.

Selain itu, otak membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk melepaskan sinyal bahwa Anda kenyang. Jika Anda makan lebih cepat, itu berarti Anda akan mengkonsumsi lebih banyak makanan dalam waktu yang lebih singkat.

Usahakan memberi tubuh tambahan waktu 10 menit setiap kali menyantap makanan. Penting untuk makan tanpa melakukan hal lain sehingga Anda berkonsentrasi pada makanan dan mencegah keinginan untuk mengkonsumsi makanan lain.

2. Jangan berbelanja saat merasa lapar

Hal buruk yang bisa menggagalkan diet Anda adalah berbelanja saat merasa lapar. Anda tidak hanya akan terpancing untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan, namun Anda juga akan tergoda untuk membeli makanan yang dijual di pusat perbelanjaan. Hal ini akan membuat Anda makan lebih banyak dibandingkan porsi yang seharusnya.

Untuk menghindarinya, buatlah daftar belanja dan jangan lupa makan sebelum pergi berbelanja. Ini akan membuat Anda lebih rileks dan tidak mudah tergoda.

3. Banyak minum air putih

Minum cukup air dapat membantu sistem pencernaan bekerja lebih optimal. Para ahli merekomendasikan untuk minum delapan gelas perhari atau sekitar 1,5 hingga 2 liter air.

Namun Anda harus memastikan untuk meminum air dengan suhu ruangan dan menghindari air es. Mengonsumsi air es terutama bersama makanan dapat membuat lemak lebih mudah terbentuk dan ini menyebabkan diet Anda gagal.

4. Perbanyak variasi makanan

Seringkali orang yang diet menghindari banyak jenis makanan dan terfokus hanya pada makanan tertentu. Hal ini bisa menimbulkan rasa bosan dan pada akhirnya Anda akan tergoda untuk makan makanan yang sebelumnya Anda hindari.

Untuk mengatasinya, buatlah daftar resep makanan sehat dan rendah kalori dan perbanyak konsumsi buah dan sayur untuk memenuhi serat harian Anda.