Penyakit Fatal Intai Orang yang Suka Nonton TV Lama

Share:
Capsa Susun

Buletin365, Jakarta Jika Anda berencana menghabiskan luang dengan menonton televisi sambil melahap habis film serial favorit Anda, mungkin Anda harus berpikir ulang.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, duduk di depan televisi dalam jangka waktu yang lama bisa meningkatkan risiko pembekuan darah yang fatal hingga 70%.


Para limuwan mengamati data dari 15 ribu orang lebih pada usia menengah yang berpartisipasi dalam Atherosclerosis Risk in Communities Study.

Penelitian ini menemukan risiko pembentukan venous thromboembolism-- kondisi pembuluh vena yang umumnya mempengaruhi kaki, tangan, panggul, dan juga penyebab pembekuan darah pada paru-paru-yang ditemukan 1,7 kali lebih tinggi pada mereka yang sering menonton tv.


Bahaya di balik nonton TV

Peningkatan durasi menonton TV juga mengancam penderita obesitas.

Salah satu pemimpin penelitian dan seorang professor, Mary Cushman, dari Vermont University, mengatakan, kita cenderung mengemil dan terduduk diam dalam jangka waktu yang relatif lama saat menonton TV."

"Kita tidak bergerak selama menonton sehingga dapat memperlambat aliran darah hingga pada titik pembekuan darah," katanya.

Pembekuan darah tersebut bisa menyebabkan kematian akibat dari terputusnya suplai darah dan oksigen yang diperlukan.

No comments