Saat Jenderal Tito Karnavian Bicara Soal "Mobil Goyang"

Share:
Capsa Susun

Buletin365, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, Jakarta harusnya memiliki ribuan CCTV sebagai instrumen utama pendukung keamanan dalam kota.

Dia menambahkan, selain memudahkan pengungkapan jika ada peristiwa teror atau kejahatan jalanan CCTV juga menghindarkan oknum warga yang mau berbuat asusila. Seperti yang terjadi di Ancol yang dikenal istilah dengan 'mobil goyang'.

"Saya baru beberapa waktu ke Makasar dan kalau disana ada Tanjung Bunga disini kaya Ancol ada mobil goyang juga," kata Jenderal Tito saat menghadiri Workshop Modernisasi Polantas Sebagai Implementasi Tahun Keselamatan Untuk Kemanusiaan di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Kamis (9/11/2017).

Pernyataan itu langsung disambut gelak tawa oleh para peserta workshop yang dihadiri Mendagri Tjahjo Kumolo dan kepolisian dari Sabang sampai Merauke.

Namun, sambung Tito, saat ini Makasar sudah memulai merubah wajah Tanjung Bunga dengan banyaknya CCTV yang dipasang di lokasi tersebut. Untuk itu dia meminta pemerintah Jakarta mengikuti langkah yang diambil pemerintah kota Makasar.

"Tapi sekarang disana banyak CCTV. Sampai ada pejabat disebelah saya bergumam waduh kalau banyak CCTV gini bisa ketauan dong. Saya nggak perlu sebutlah pejabatnya. Nah saya jawab tapi kan dikamar nggak ada," ujar Tito sambil tersenyum yang dibalas tertawa para hadirin.

"Jadi gini, di Makasar itu di jalan sampai lorong ada CCTV, kecuali kalau sudah masuk kamar nggak ada lagi itu, " tambah Tito lagi.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu pun memuji langkah pemerintah kota Makasar. Menurut dia, di Makasar saat ini memiliki 3000 CCTV yang terkoneksi langsung dengan sistem pengamanan.

"Itu ada Perda dari walikota makasar untuk yang swasta bangun gedung dan harus pasang CCTV dan terkoneksi. Jadi di Makasar sekarang sampai 3000 CCTV itu, " ujar Tito.

Tito menambahkan, CCTV yang ada di Makasar bahkan sangat membantu kerja kepolisian. Yaitu untuk pengawasan terkait lalu lintas dan kejahatan jalanan disana. Menurut Tito standar CCTV yang dipakai di Makasar terhitung canggih.

"Disana (Makasar) itu ada CCTV yang bisa zoom in sampai 2 Km dan bisa tembus kaca film mobil yang 50 persen. Itu kan bagus buat bila ada peristiwa seperti teror, " dia memungkasi.

No comments