Susu VS Jus Jeruk di Pagi Hari, Mana yang Lebih Sehat?

Share:
Capsa Susun

Buletin365, Jakarta Untuk memulai hari, biasanya setiap orang memiliki pilihannya sendiri. Susu dan jus jeruk adalah dua minuman yang sering dijadikan teman sarapan.

Kedua minuman ini tentu ada pro dan kontranya masing-masing. Melansir Women's Health, Kamis (9/11/2017), cek kelebihan dan kekurangan susu dan jus jeruk:

Jus Jeruk

Pro: Setiap satu gelas jus jeruk hanya mengandung 110 kalori. Jus jeruk juga akan memasok kebutuhan vitamin C harian yang dibutuhkan tubuh.

Jus jeruk juga mengandung antioksidan kuat yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat cahaya matahari, dan polusi.

Kontra: Minum jus jeruk terlalu banyak bisa merusak enamel gigi. Sebuah riset baru dari Yanfeng Ren, DDS, PhD, profesor di University of Rochester Eastman Institute for Oral Health menemukan, jus jeruk mengikis enamel gigi sampai 84 persen, setelah diminum selama setiap hari selama lima hari.

Susu

Pro: Segelas susu bisa menyuplai 20 persen protein yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari, dan sepertiga kebutuhan kalsium harian.

Ditambah, studi baru menemukan, mereka yang minum susu di pagi hari cenderung makan siang lebih sedikit, karena rasa kenyang yang ditimbulkan oleh protein.

Kontra: Kecuali Anda minum susu yang benar-benar bebas lemak, susu bisa mengandung lemak jenuh. Lemak ini memunculkan risiko penyakit kardiovaskular dan berkontribusi pada penyakit efek obesitas, seperti diabetes.

Mana yang lebih sehat?


Pilihlah susu. Susu lebih sehat untuk gigi karena mengandung kalsium, ujar Dr. Ren. Kalsium bisa membangun kembali enamel gigi.

Namun, jika Anda belum siap untuk menghentikan kebiasaan minum jus jeruk di pagi hari, Dr. Ren menyarankan untuk cepat-cepat meneguknya.

"Jika waktu bersentuhan (dengan gigi) lebih lama, seperti saat Anda menyisipnya, jus akan berkontak lebih lama juga dengan gigi, sehingga efek erosinya lebih besar," ujarnya.

Selain itu, pastikan Anda berkumur setelah minum jus jeruk, tapi jangan menyikat gigi.

"Jika langsung menyikat gigi, Anda kan menyingkirkan lapisan enamel yang lebih lunak," jelasnya. Tunggulah sampai 30 menit setelah minum jus jeruk jika memang harus menyikat gigi.

No comments