situs poker profesional Bandar Capsa Bandar Q Bandar Sakong Dan Adu Q Juga Bandar Poker Online Terpercaya Bandar Sakong Dan Adu Q Juga Bandar Poker Online Terpercaya Bandar Sakong Dan Adu Q Juga Bandar Poker Online Terpercaya Bandar Sakong Dan Adu Q Juga Bandar Poker Online Terpercaya Bandar Sakong Dan Adu Q Juga Bandar Poker Online Terpercaya

5 Tips Cerdas Agar Terhindar dari Berita Hoax, Jangan Mau di Provokasi!

Share:

Saat ini perkembangan internet sangatlah pesat, hampir semua orang mengakses internet setiap harinya terutama untuk berselancar di sosial media mulai dari Instagram, Facebook, Twitter dan lain sebagainya. Hal ini pun membuat banyak media online seperti berita yang juga populer.

Di Indonesia sendiri tercatat ada banyak sekali media online berita yang kini hampir di akses semua orang untuk membaca berita. Namun hal itu juga mempunyai akibat buruk dimana makin banyaknya orang yang membuat berita palsu atau yang biasa dikenal dengan sebutan Hoax.

Akhir akhir ini pemerintah tengah membrantas berita hoax dengan berbagai cara mulai dari iklan di TV, internet dan lain sebagainya karena memang berita hoax bisa memecah belah dan merugikan orang yang bersangkutan. terlebih lagi ini tahun 2018 dan sebentar lagi pilkada, jelas tidak menutup kemungkinan akan ada banyak berita hoax nantinya.

Pengguna internet Indonesia sendiri bisa di bilang masih "buta" dalam hal membedakan berita hoax atau tidak, banyak yang hanya share sebuah berita viral tanpa memperhatikan kebenaran berita tersebut sehingga sekarang berita hoax makin mudah menyebar dan viral di sosial media dan internet.

Bagi kamu yang nggak ingin di provokasi dengan berbagai macam berita hoax, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan sekarang juga.

1. Jangan Cuma Baca Headline, Baca Isi Berita!

Tips yang pertama agar terhindar dari berita hoax adalah yang paling dasar banget yakni jangan menanggapi suatu berita atau postingan hanya dari headline atau judul postingan saja, tapi baca isi artikel atau beritanya sampai full di mana kamu nantinya bisa mengambil kesimpulan sendiri. Ini memang sering terjadi di mana minat baca masyarakat Indonesia memang masih minim.

Sehingga berita macam apapun itu pasti ya yang dibaca hanya headline-nya saja, padahal sekarang banyak media online yang terlalu "clickbait" dalam membuat judul postingan sehingga terkesan hoax bahkan banyak yang sengaja membuat judul berita agar banyak orang yang terprovokasi, oleh karena itu, mulai sekarang jangan baca berita hanya dari headlinya saja, tapi isi beritanya!

2. Cek Narasumber

Yang kedua adalah dengan mengecek nara sumber atau dari mana berita tersebut ada. kamu pasti seringkali melihat berita atau postingan entah di Whatsapp, Line, BBM dan lain sebagainya bahwa di postingan tersebut ada keterangan "dari grup sebelah" atau lainnya, kalau seperti itu, kamu wajib mengecek sendiri siapa narasumber dibalik berita itu semua, jangan asal sebar!

Karena sekarang siapapun orangnya juga bisa viral termasuk dengan cara menyebar berita hoax ini.

3. Hindari Berita atau Postingan yang Mengandung Judul yang Provokatif

Kalau masalah headline yang terlalu lebay atau bagaimana sih masih mending, lha ini banyak sekali media yang bahkan sengaja membuat judul berita yang terkesan memprovokasi. Kalau sudah seperti ini, nggak usah hiraukan postingan tersebut, karena jelas itu hoax dan kalaupun benar, niatnya pun sudah tidak baik dengan memberikan judul berita yang provokatif. Maka dari itu, pilih-pilihlah berita ya.

4. STOP Asal Pencet Tombol Share, Kalau Perlu Hindari Share Berita!

Selain tiga tips di atas, masih ada banyak lagi sebenarnya tips agar tidak termakan berita hoax. Yakni jangan share berita atau postingan yang sifatnya viral karena kalau ternyata kebenaran berita tersebut tidak sepenuhnya benar, kamu juga bisa dianggap sebagai penyebar berita hoax lho.

Baca Juga: Sadari dan Perbaiki 5 Kebiasaan yang Hambat Laju Karirmu Ini. Agar Tak Ada Sesal Saat Tua Nanti

Memang niat kita share informasi itu penting untuk membuat banyak orang juga tahu akan informasi tersebut, tapi kalau yang kita share itu ternyata postingan hoax? Mending stop deh, nggak usah share berita berita lagi apalagi kalau sumbernya kurang terpercaya.

5. Ambil Kesimpulan dengan Membandingkan Berita dari media Lain juga

Tips cerdas yang terakhir agar terhindar dari berita hoax adalah dengan bijak mengambill keputusan atau kesimpulan dari berita itu sendiri. Caranya bagaimana? Selain membaca berita secara keseluruhan, alangkah baiknya kamu membandingkan suatu berita dari satu media dengan media yang lain, coba bandingkan apakah isinya benar benar sama?

Selain itu dengan cara ini juga, kamu bisa tahu info yang mungkin tidak ada di berita satu tapi ada di berita dua, dan seterusnya.

No comments