situs poker profesional Bandar Capsa Bandar Q Bandar Sakong Dan Adu Q Juga Bandar Poker Online Terpercaya Bandar Sakong Dan Adu Q Juga Bandar Poker Online Terpercaya Bandar Sakong Dan Adu Q Juga Bandar Poker Online Terpercaya Bandar Sakong Dan Adu Q Juga Bandar Poker Online Terpercaya Bandar Sakong Dan Adu Q Juga Bandar Poker Online Terpercaya

Boleh Gaya, Tapi Jangan Lupa Budaya

Share:
Boleh Gaya, Tapi Jangan Lupa Budaya

Tunjukkan Karaktermu

Dampak dari globalisasi memang sangat beragam dan memasuki hampir semua aspek kehidupan sehari-hari. Banyak dampak positif yang kita dapatkan tapi tidak sedikit pula dampak negatif yang kita rasakan.

Banyak budaya asing masuk dan mempengaruhi budaya lokal. Tentunya banyak dampak positif dan negatif yang ditimbulkan. Banyak orang yang menjadikan hal ini sebagai terobosan baru untung mengembangkan budaya lokal agar tidak ketinggalan dan lebih terkesan modern.

Banyak sekali perubahan yang terjadi karena hal tersebut, termasuk dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari cara berpakaian, makanan, bahkan kebiasaan yang mulai berkiblat pada budaya asing. Jika ini diteruskan, dikhawatirkan budaya lokal kita seiring dengan bertambahnya waktu akan terkikis. Dan akan berdampak pada hilangnya ciri khas bangsa kita, yang seharusnya kental dengan budaya lokal yang beragam.

Kurangnya rasa cinta dan bangga terhadap budaya lokal menjadi salah satu faktor penyebab banyaknya masyarakat yang mulai meninggalkan budaya lokal dan cenderung memilih budaya asing. Serta anggapan ingin menjadi “keninian” juga menjadi faktor pendorong masyarakat untuk terlihat modern.

Sebagai contoh, makanan yang sekarang sedang digemari masyarakat adalah makanan-makanan yang berasal dari negara lain, misalnya Korea, Jepang, Thailand, dan negara barat lainnya. Mereka cenderung merasa bangga jika mereka bisa menikmati makanan tersebut.

Padahal makan lokal kita, tidak kalah enaknya dan lebih sesuai dengan lidah dan budaya kita. Selain itu, cara berpakaian, mereka juga cenderung bergaya luar negeri, yang tidak jarang malah bertolak belakang dengan budaya kita sendiri. Padahal banyak pakaian lokal yang menarik dan lebih cocok dengan karakter asli kita. Dan masih banyak lagi perubahan-perubahan akibat masuknya perngaruh budaya asing.

Sebenarnya, masuknya pengaruh budaya asing bisa menjadi perbaduan budaya sehingga tercipta karya yang baru, agar budaya kita bisa berkembang sesuai dengan perkembangan jaman. Namun harus diingat karya tersebut harus masih mengandung nilai-nilai dari budaya lokal itu sendiri. Sebenarnya tergantung bagaimana sikap kita terhadap pengaruh budaya asing tersebut.

Baca Juga: 9 Ciri Kamu Cewek Elegan yang Tetap Tangguh dan Punya Kekuatan

Ada yang langsung menolak keras dan cenderung mempertahankan budaya lokal. Namun juga ada yang langsung menyerap total budaya asing dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Alangkah lebih baik, jika kita menyaring terlebih dahulu budaya asing yang masuk, yang mana jika hal tersebut berdampak postif dan tidak bertolak belakang dengan budaya lokal maka kita terima, dan membuang hal-hal negatif yang cenderung bertolak belakang dengan karakter kita.

Seharusnya kita bangga dan melestarikan budaya kita yang beragam, karena hal tersebut tentu sangat sesuai dengan karakter kita. Selain itu jika kita bisa mempertahankan budaya kita, maka akan menjadi ciri khas tersendiri yang membedakan Indonesia dengan negara lain, yang tentunya bisa menarik perhatian masyarakat dunia.

No comments